Arisa, Ismail (2024) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Teknologi yang telah berkembang saat ini membuka mata dunia akan sebuah kehidupan tanpa batas dimana transaksi jual beli dapat dilakukan secara online melalui internet. Berdasarkan hasil survey yang pernah dilakukan oleh JakPat, yang mana survey ini dilakukan terhadap 1.420 responden di Indonesia yang melakukan belanja onlineselama semester 1 2022, sebanyak 50% responden berasal dari kelompok usia milenial, 36% dari kelompok Gen Z, dan 15% dari kelompok Gen X,survey tersebut mendapatkan hasil bahwa masyarakat Indonesia lebih suka untuk membeli produk fashion di e-commercedibandingkan toko fisik.Tujuan penelitian ini adalah, untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen, kualitas layanan dan kepercayaan secara individu (parsial) terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian produk fashion secara online pada mahasiswa di Kota Bandar Lampung,sertauntuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen, kualitas layanan dan kepercayaan secara bersamaan (simultan) terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian produk fashion secara online pada mahasiswa di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa di Kota Bandar Lampung dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability tepatnya menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan SPSS 21. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji asumsi regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kepuasan konsumen, kualitas layanan dan kepercayaan secara individu (parsial) terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian produk fashion secara online pada mahasiswa di Kota Bandar Lampung serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan konsumen, kualitas layanan dan kepercayaan secara bersamaan (simultan) terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian produk fashion secara online pada mahasiswa di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan, Fashion, Online. ABSTRACT The technology that has developed today has opened the world’s eyes to a life without borders where buying and selling transactions can be carried out online via the internet. Based on the results of a survey conducted by JakPat, in which this survey was conducted on 1,420 respondents in Indonesia who shopped online during semester 1 2022, as many as 50% of respondents came from the millennial age group, 36% from the Gen Z group, and 15% from the Gen Z group. Gen X, the survey found that Indonesian people prefer to buy fashion products in e-commerce compared to physical stores. The aim of this research is to analyze the influence of consumer satisfaction, service quality and trust individually (partially) on customer loyalty in purchasing fashion products online among students in Bandar Lampung City, as well as to analyze the influence of consumer satisfaction, service quality and trust simultaneously (simultaneous) on customer loyalty in purchasing fashion products online among students in Bandar Lampung City. This research uses a quantitative approach. This research was conducted on students in Bandar Lampung City with a sample size of 96 people. Sampling in this study used a non-probability technique, precisely using purposive sampling. The data analysis method uses SPSS 21. The data analysis techniques used are instrument testing, classical assumption testing, multiple linear regression assumption testing and hypothesis testing. The results of the research show that there is a positive and significant influence between the variables of consumer satisfaction, service quality and trust individually (partially) on customer loyalty in purchasing fashion products online among students in Bandar Lampung City and there is a positive and significant influence between consumer satisfaction, service quality and Simultaneous trust in customer loyalty in purchasing fashion products online among students in Bandar Lampung City. Keywords: Consumer Satisfaction, Service Quality, Trust, Customer Loyalty, Fashion, Online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:33 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 06:16 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |