PENGARUH LITERASI HALAL DAN DAYA TARIK LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN RELIGIOSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung)

Muhammad, Mahry Al Fadhillah (2024) PENGARUH LITERASI HALAL DAN DAYA TARIK LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN RELIGIOSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Mahry.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia meraih pertama dalam Muslim Food Expenditure dengan total konsumsi hingga US Dolar 170 miliar di tahun 2017 dan diproyeksi terus tumbuh hingga tahun 2025 mampu mencapai US Dolar 247,8 miliar. Pengeluaran per kapita sebulan menurut komoditas masyarakat Kota Bandar Lampung didominasi oleh makanan dan minuman jadi. Makanan dan minuman jadi tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dan menduduki posisi yang paling tinggi diantara konsumsi terhadap pengeluaran lainnya, oleh karena itu peneliti mengambil studi pada produk halal karena ingin mengetahui kenapa masyarakat membeli produk halal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar data kuesioner kepada masyarakat Kota Bandar Lampung melalui google form. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui penyebaran kuesioner dan observasi, sedangkan data sekunder didapatkan melalui dokumen-dokumen yang menunjang penelitian ini. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunkan SmartPLS versi 4. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa literasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Daya tarik label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Religiositas tidak memiliki efek moderasi pada hubungan literasi halal terhadap keputusan pembelian produk pada masyarakat Kota Bandar Lampung. Religiositas tidak memiliki efek moderasi pada hubungan daya tarik label halal terhadap keputusan pembelian produk. Serta dalam perspektif bisnis islam sesuai dengan salah satu konsep bisnis dalam islam yaitu konsep kesatuan atau tauhid. Kata Kunci: Literasi Halal, Daya Tarik Label Halal, Keputusan Pembelian Produk. ABSTRACT Indonesia ranks first in Muslim Food Expenditure with total consumption of US Dollar 170 billion in 2017 and is projected to continue growing until 2025 to reach US Dollar 247.8 billion. Per capita monthly expenditure by commodity in Bandar Lampung City is dominated by food and beverages. Food and drink have experienced a significant increase and occupy the highest position among consumption of other expenditures, therefore researchers take a study on halal products because they want to know why people buy halal products. This research uses quantitative methods. Data collection was carried out by distributing questionnaire data to the people of Bandar Lampung City via Google Form. The sample in this study consisted of 100 respondents. Data collection techniques were used in this study using primary and secondary data. Primary data was obtained through the distribution of questionnaires and observations, while secondary data was obtained through documents that support this research. Data processing in this research used Smart PLS version 4. Based on the research conducted, it shows that halal literacy has a positive and significant effect on product purchasing decisions. The attractiveness of the halal label has a positive and significant effect on product purchasing decisions. Religiosity does not have a moderating effect on the relationship between halal literacy and product purchasing decisions among the people of Bandar Lampung City. Religiosity does not have a moderating effect on the relationship between the attractiveness of the halal label and product purchasing decisions. And from an Islamic business perspective, it is in accordance with one of the business concepts in Islam, namely the concept of unity, or tauhid. Keywords: Halal Literacy, Attractiveness of the Halal Label, Product Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:21
Last Modified: 20 Sep 2024 07:21
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35399

Actions (login required)

View Item View Item