LENI, TASARI (2024) PENGARUH KREATIVITAS IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET SPOTIFY PREMIUM DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Spotify di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Industri streaming musik telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Kemampuan untuk memahami konsumen musik secara visual maupun audio, serta kemampuan untuk mengakses internet dengan mudah, telah menjadi landasan pertumbuhan industri ini. Spotify merupakan aplikasi streaming musik yang terkenal saat ini, terutama di kalangan anak muda dan saat ini mendengarkannya secara rutin. Spotify merupakan streaming musik legal yang dapat digunakan secara online atau melalui streaming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kreativitas Iklan dan Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian paket Spotify Premium. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria merupakan Masyarakat yang berdomisili di Bandar Lampung, berusia 17-22 tahun, dan masih menggunakan aplikasi streaming musik Spotify. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability yaitu purposive sampling. Metode analisis data menggunakan SPSS (Social Product Of Social Science). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel Kreativitas Iklan dan Word Of Mouth secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian paket Spotify Premium. Dalam perspektif bisnis Islam, sebuah iklan harus dilandasi oleh sifat shiddiq dan amanah, Selanjutnya, Islam memandang word of mouth dengan istilah qaulan sadidan (pembicaraan yang benar dan berbobot), bahwa sebagai seorang muslim hendaknya kita beriman serta menaati perintah Allah dan Rasulullah serta dapat menjaga lisan nya dengan perkataan yang baik dan benar. Kata Kunci : Kreativitas Iklan, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian. ABSTRAC The music streaming industry has seen significant growth in recent years. The ability to understand music consumers visually and audibly, as well as the ability to access the internet easily, has been the cornerstone of this industry's growth. Spotify is a popular music streaming app today, especially among young people who listen to it regularly. Spotify is a legal music stream that can be used online or via streaming. This study aims to determine whether Ad Creativity and Word Of Mouth have a positive and significant effect on Purchasing Decisions for the Spotify Premium package. This research uses a quantitative approach. The sample size was 100 respondents with the criteria being people who live in Bandar Lampung, aged 17-22 years, and still using the Spotify music streaming application. The sample withdrawal in this study used a non-probability technique, namely purposive sampling. The data analysis method uses SPSS (Social Product Of Social Science). The results of the study indicate that the variables of Advertising Creativity and Word Of Mouth partially and simultaneously have a positive and significant effect on the Purchasing Decision for the Spotify Premium package. In the perspective of Islamic business, an advertisement must be based on the traits of shiddiq and Amanah, Furthermore, Islam views word of mouth with the term qaulan sadidan (correct and humble speech). Keyword : Ad Creativity, Word Of Mouth, Purchase Decision.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:57 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 03:57 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |