Jemi, Sutiani (2024) PENERAPAN METODE TALKING STICK BERBANTU MEDIA WALLCHART UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 02 GUNUNG SULAH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (7MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menerapkan Metode Tallking Stick Berbantu Media Wallchart di Kelas IV SDN 2 Gunung Sulah Way Halim Bandar Lampung. 2) meningkatkan keaktifan belajar siswa Yang meliputi 5 Indikator keaktifan Belajar peserta didik yaitu terlibat dalam keikut sertaan memecahkan masalah, bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalan yang dihadapi, berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk memcahkan maslah, melatih diri dalam memcahkan masalah atau soal, menilai kemampuan diri sendiri dan hasil-hasil yang diperoleh. Setelah menerapkan Metode Tallking Stick Berbantu Media Wallchart di kelas IV SDN 2 Gunung Sulah Way Halim Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif menggunakan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart, dengan tahapan sebagai berikut : Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian di lakukan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 2 Gunung Sulah Way Halim Bandar Lampung yang berjumlah 24 siswa. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Validitas instrument penelitian menggunakan validasi isi. Teknik analisis data yang diguankan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode pembelajaran Tallking Stick berbantu media Wallchart yang di terapkan sesuai dengan sintak Tallking Stick dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Bila dilihat pada data tahap sebelum dilakukannya penelitian dengan menerapkan metode Tallking Stick berbantu media wallchart yaitu peneliti melakukan kegiatan pra penelitian (pra siklus) peneliti menemukan bahwa dari 24 siswa hanya 9 siswa dalam kategori aktif dengan angka presentase 37,5%. Kemudian setelah melakukan penelitian dengan menerapkan metode Tallking Stick berbantu media Wallchart pada siklus I dan Siklus II keaktifan belajar siswa meningkat dengan baik yaitu: pada pertemuan ke-1 Siklus I keaktifan belajar siswa dalam kategori aktif berjumlah 13 siswa dengan presentase 54,2 %. pada pertemuan ke-2 iii Siklus I siswa dalam kategori aktif meningkat menjadi 16 siswa dengan prsentase 66,7%. Selanjutnya pada pertemuan ke-1 Siklus II peningkatan keaktifan belajar siswa Kembali mengalami peningkatan yaitu siswa dalam kategori aktif berjumlah 18 siswa dengan presentase keaktifan 75%. Lalu pada pertemuan ke-2 Siklus II siswa dalam kategori aktif meningkat menjadi 20 siswa dengan angka presentase 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode Tallking Stick berbantu media Wallchart dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 2 Gunung Sulah Way Halim Bandar Lampung. Hal ini berarti hipotesus Tindakan pada penelitian ini terbukti. Kata Kunci : Keaktifan belajar, Metode Tallking Stick, Media pembelajaran Wallchart. iv ABSTRACT This research aims to: 1) apply the Tallking Stick Method Assisted by Wallchart Media in Class IV of SDN 2 Gunung Sulah Way Halim Bandar Lampung. 2) increase student learning activity, namely being involved in problem solving, asking other student or teachers if they don’t understand the problemthey are facing,trying to find various information needed to solve problems,and the result obtained, after implementing the Tallking Stick Method assistedwith wallchard media in class IV of SDN 2 Gunung Sulah Way Halim Bandar Lampung. This research is collaborative classroom action research (PTK) using the Kemmis and M.c Taggart spiral model, with the following stages: planning, action, observation and reflection. The research was conducted with research subject, namely calss IV students at SDN 2 Gunung Sulah Way Halim Bandar Lampung. Totaling 24 student. Data collection techniques using observation, interviews, documentation and field notes. The validity of the research instrument uses contect validation. The data analysis technique used is quantitativeand qualitative descriptive analysis. The Tallking Stick learning method is assisted by wallchart media which is applied in accordance with the talking stick syntax and student become more active in learning. If we look at the data from the stage before the research was carried out using the Tallking Stick method with the help of Wallchart media, namely the research was carried out pre-research activities (pre-cycle),the research found that out of 24 students, only 9 students were in the active category with a percentage figure of 37,5%. Then, after conducting research by applying the Tallking Stick method with the help of Wallchart media in cycle I and cycle II, student learning activity increased well, namely at the 1st meeting of cycle I, student learning activity in the active category was 13 student with a percentage of 54,2%. At the 2nd meeting of cycle I, student were in the active category increased to 16 student with a percentage of 66,7%. Furthermore, at the first meeting of cycle II, student learning activity increased again, namely students in the active category numbered 18 students with an active percentage v of 75%. Then at the second meeting of cycle II, studets in the active category increased to 20 students with a percentage figure of 84%. Based on the results of this research, it can be concluded that the application of the Tallking Stick metdhot assisted by Wallchart media can increase the learning activity of class IV student at SDN 2 Gunung Sulah Way Halim Bandar Lampung. This means that the action hypothesis in this research is proven. Keywords : Active learning, Tallking Stick Method, Wallchart learning media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:53 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:53 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |