PENGARUH STRATEGIC AGILITY TERHADAP INNOVATION PRODUCT DENGAN ENVIRONMENTAL TURBULENCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA UKM KREATIF BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Pemilik UKM Kreatif Kriya Kota Bandar Lampung)

ANNISA, PUTRI JASMINE (2024) PENGARUH STRATEGIC AGILITY TERHADAP INNOVATION PRODUCT DENGAN ENVIRONMENTAL TURBULENCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA UKM KREATIF BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada Pemilik UKM Kreatif Kriya Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I,II & DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISA PUTRI JASMINE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi ini, persaingan bisnis semakin ketat dan dinamis, memaksa pelaku usaha, terutama UKM (Usaha Kecil dan Menengah), untuk terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan global yang cepat. Dalam konteks ini, konsep Strategic Agility muncul sebagai kunci utama untuk memungkinkan UKM beradaptasi dan tetap relevan di pasar yang terus berubah. Strategic Agility mengacu pada kemampuan suatu organisasi untuk beradaptasi dengan cepat dan efektif terhadap perubahan yang tidak terduga, sambil tetap mempertahankan visi jangka panjangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara Strategic Agility dan Innovation Product di kalangan UKM kreatif kriya di Kota Bandar Lampung, dengan mempertimbangkan Environmental Turbulence sebagai faktor moderasi. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif , populasi yang digunakan adalah ukm kreatif sektor kriya yang ada di kota Bandar Lampung, yaitu berjumlah 2.819 Ukm kreatif kriya. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus slovin denga hasil 97 responden. Aplikasi yang di gunakan dalam menganalisis data adalah SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara strategic agility terhadap innovation product diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (2,213 > 1.66123) dengan signifikansi 0,029 < 0,05. Hasil tersebut dapat dimaknai bahwa strategic agility berpengaruh positif dan signifikan terhadap innovation product. Pengaruh environmental turbulence memoderasi hubungan antara strategic agility terhadap innovation product. diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (2,907>1.66123) dengan signifikansi 0,005 < 0,05. Hasil tersebut dapat dimaknai bahwa environmental turbulence sebagai variebel moderasi memperkuat hubungan antara strategic agility terhadap innovation product hal ini dibuktikan adanya kenaikan baik nilai koefisien dari 0.050 menjadi 1.126, nilai t hitung dari 2.213 menjadi 2.907 dan nilai signifikan 0.029 menjadi 0.005. Kata Kunci : Kelincahan strategis, Inovasi Produk, Turbulensi Lingkungan iii ABSTRACT In this era of globalization, business competition is increasingly fierce and dynamic, forcing entrepreneurs, especially SMEs (Small and Medium Enterprises), to continuously adapt to rapid global environmental changes. In this context, the concept of Strategic Agility emerges as a key factor enabling SMEs to adapt and remain relevant in an ever-changing market. Strategic Agility refers to an organization's ability to swiftly and effectively adapt to unforeseen changes while maintaining its long-term vision. This research aims to explore the relationship between Strategic Agility and Innovation Product among creative craft SMEs in Bandar Lampung City, considering Environmental Turbulence as a moderating factor. This research is classified as field research. It utilizes a quantitative approach, targeting the population of creative craft SMEs in Bandar Lampung, totaling 2,819 SMEs. The sample size of 97 respondents was calculated using the Slovin's formula. SPSS 22 was the application used for data analysis. The research findings show that the relationship between strategic agility and innovation product yielded a calculated t-value > table t-value (2.213 > 1.66123) with a significance level of 0.029 < 0.05. This indicates that strategic agility has a positive and significant impact on innovation product. Furthermore, environmental turbulence moderates the relationship between strategic agility and innovation product, with a calculated t-value > table t-value (2.907 > 1.66123) and a significance level of 0.005 < 0.05. This suggests that environmental turbulence as a moderating variable strengthens the relationship between strategic agility and innovation product, as evidenced by an increase in the coefficient value from 0.050 to 1.126, the t-value from 2.213 to 2.907, and the significance level from 0.029 to 0.005. Keywords : Strategic Agility, Innovation Product, Environmental Turbulence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:25
Last Modified: 19 Sep 2024 06:25
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35377

Actions (login required)

View Item View Item