PENGARUH KESADARAN MERK PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT GUNUNG MERK EIGER DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi pada Konsumen Alat Gunung Merk Eiger Di Bandar Lampung)

Heni, Kusumawati (2024) PENGARUH KESADARAN MERK PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT GUNUNG MERK EIGER DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi pada Konsumen Alat Gunung Merk Eiger Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Keputusan pembelian adalah suatu keputusan yang di pengaruhi oleh ekonomi keuangan,teknologi, politik, budaya, produk, harga, lokasi, promosi, physical evidence, people dan process, sehingga suatu sikap pada konsumen untuk menglah segala informasi dan mengambil kesimpulan berupa respons yang muncul produk apa yang akan dibeli. Dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat seiring dengan keinginan dan kebutuhan konsumen yang semakin dinamis.Peranan suatu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang semakin dinamis dengan persaingan usaha yang tinggi, maka diperlukan suatu identitas tertentu pada produk atau jasa yang dipasarkan agar memiliki daya pembeda.Permasalah yang diangakat dalam penelitian ini yaitu Apakah kesadaran merk berpengaruh terhadap keputusan pembelian alat gunung merk eiger? Apakah persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian alat gunung merk eiger?Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian alat gunung merk eiger? dan Bagaimana kesadaran merk, persepsi harga dan kualitas produk alat gunung merk eiger dalam perspektif manajemen bisnis syariah? Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif. metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu.Jenis data yang digunakan adalah data primer yang mana data tersebut diperoleh melalui bantuan instrument penelitian kuisioner. Kuisioner tersebut dibagikan kepada 96 orang responden menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil menunjukkan bahwa:1) kesadaran merk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dilihat dari signifikasi keputusan berarti thitung > ttabel (2,060 > 1,661) maka H1 di terima dengan nilai signifikansi nya 0,042 < 0,05, 2) Persepsi harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dilihat persepsi harga memiliki thitung sebesar 3,960 dengan nilai signifikansi 0,000. Hal ini berarti thitung > ttabel (3,960 > 1,661) maka H2 di terima dengan nilai signifikansi nya 0,000 < 0,05, 3) Hasil penelitian kualitas iv produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin bagus kualitas produk yang dijual maka akan semakin tinggi keputusan pembelian pada konsumen hal ini dapat dilihat kualitas produk memiliki thitung sebesar 2,005 dengan nilai signifikansi 0,016. Hal ini berarti thitung > ttabel (2,005 > 1,661) maka H3 di terima dengan nilai signifikansi nya 0,048 < 0,05,. 4) Dalam perspektif manajemen bisnis syariah kesadaran merk, persepsi harga dan kualitas produk alat gunung merk eiger sudah dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen bisnis Islam seperti tauhid, keadilan, kejujuran dan kebaikan Kata Kunci : Kesadran Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Manajemen Bisnis Syariah v ABSTRACT Purchasing decision is a decision that is influenced by financial economics, technology, politics, culture, products, prices, location, promotions, physical evidence, people and processes, so that an attitude to consumers to process all information and draw conclusions in the form of responses that arise what products to buy. In the increasingly fierce business world competition along with the increasingly dynamic wants and needs of consumers. The role of a company in meeting the needs and desires of consumers who are increasingly dynamic with high business competition, a certain identity is needed in the products or services marketed in order to have differentiating power. The problem raised in this study is: Does brand awareness affect the decision to purchase eiger brand mountain equipment? Does price perception affect the purchase decision of eiger brand mountain equipment? Does product quality affect the purchase decision of eiger brand mountain equipment? and How is brand awareness, price perception and product quality of Eiger brand mountain equipment in the perspective of Islamic business management? The research method used in this study is a quantitative descriptive approach method. Quantitative research methods can be interpreted as research methods based on the philosophy of positivism, which is used to examine certain populations or samples. The type of data used is primary data where the data is obtained through the help of questionnaire research instruments. The questionnaire was distributed to 96 respondents using the Purposive Sampling technique. The results show that: 1) brand awareness has a significant effect on purchasing decisions, this is seen from the significance of the decision means t calculate > ttable (2.060 > 1.661) then H1 is received with its significance value 0.042 < 0.05, 2) Price perception has a significant influence on purchasing decisions, this is seen price perception has tcount amounted to 3.960 with a significance value of 0.000. This means that tcalculate > ttable (3.960 > 1.661) then H2 is received with its significance value of 0.000 < 0.05, 3) The results of vi product quality research have a significant effect on purchasing decisions. The better the quality of the product sold, the higher the purchase decision in consumers, this can be seen the quality of the product has a t count of 2.005 with a significance value of 0.016. This means that tcalculate > ttable (2.005 > 1.661) then H3 is received with its significance value of 0.048 < 0.05. 4) In the perspective of Islamic business management, brand awareness, price perception and product quality of Eiger brand mountain equipment have been carried out in accordance with Islamic business management principles such as tawhid, justice, honesty and kindness. Keywords : Brand Awareness, Price Perception, Product Quality, Purchasing Decision, Sharia Business Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:09
Last Modified: 19 Sep 2024 04:09
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35373

Actions (login required)

View Item View Item