RAHMONA, APRIYANTI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 2 PERUMNAS WAY KANDIS BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, hal ini disebabkan karena masih kurangnya inovasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 2 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen design. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling total dari seluruh populasi kelas IV SDN 2 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung, didapatkan sampel yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Nonequitvalent control group sehingga data yang dikumpulkan dua kali yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah 25 soal pernyataan yang telah diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas, sehingga layak digunakan sebagai alat ukut penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan program SPSS Statistics 26. Dan menggunakan Uji-t independent. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri dalam perhitungan Uji-t independent di dapatkan nilai sig (2- tailed) sebesar 0.001 yang artinya nilai sig (2-tailed) < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 2 Perumnas Way Kandis Bandar Lampung. Pengaruh yang signifikan terlihat adanya seluruh indikator motivasi belajar yang muncul pada setiap langkah model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Motivasi Belajar iv ABSTRACT This research is motivated by the low learning motivation of students in the Science and Social Studies (IPAS) subject, which is caused by a lack of innovation in the teaching methods. Therefore, a learning model that can improve students' learning motivation is needed. This study aims to determine the effect of the inquiry learning model on students' learning motivation in the Science and Social Studies subject for fourth-grade students at SDN 2 Perumnas Way Kandis, Bandar Lampung. This research is quantitative with a Quasi-Experimental design method. The sampling technique used was total sampling from the entire population of fourth-grade students at SDN 2 Perumnas Way Kandis, Bandar Lampung, with class IVB as the experimental group and class IVA as the control group. The research design uses a Nonequivalent control group, where data were collected twice, through a pretest and a posttest. The instrument in this study was a questionnaire consisting of 25 statement items, which had been tested for validity and reliability, making it appropriate to be used as a research measuring tool. The data analysis technique in this study used SPSS Statistics 26, and an independent t-test was employed. The hypothesis testing results show that the inquiry learning model, based on the independent t-test calculation, produced a sig (2- tailed) value of 0.001, meaning that the sig (2-tailed) value is less than 0.05. Therefore, H0 is rejected, and H1 is accepted. This research concluded that there is an effect of the inquiry learning model on students' learning motivation in the Science and Social Studies subject for fourth-grade students at SDN 2 Perumnas Way Kandis, Bandar Lampung. A significant influence was seen in all learning motivation indicators that emerged during each step of the inquiry learning model in the experimental class compared to the control class, which used the Problem-Based Learning (PBL) model. Keywords: Inquiry Learning Model, Learning Motivation.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 07:24 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 07:24 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |