LITA, JULIA (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEMASARKAN JASA PENDIDIKAN DI MI AL-MUNAWAROH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Permasalahan awal yang ditemukan ketika pra penelitian di MI Al-munawaroh Bandar Lampung adalah tingginya animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di MI Al-munawaroh Bandar Lampung, bahkan menurut grafik peningkatan peserta didik meningkatkan selama 5 tahun berturut-turut. Meskipun demikian masih adanya hal yang menjadi ancaman dalam memasarkan jasa pendidikan. Selain dari pada itu peran kepala madrasah dalam proses pemasaran sangat lah penting. Dari fakta-fakta di lapangan yang telah di kemukakan, bahwasanya Kepala Madrasah telah melakukan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di MI Al�munawaroh Bandar Lampung. Penelitian ingin menjelaskan bagaimana kepala madrasah menerapkan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan khusus peserta didik. Dalam hal ini terdapat kenaikan dalam memasarkan jasa pendidikan di madrasah, Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala madrasah yang berfokus dalam memasarkan jasa pendidikan pada MI al-munawaroh bandar lampung. Sub fokus yang digunakan menggunakan strategi bauran pemasaran jasa pendidikan yang terdiri dari 7P yaitu Product (produk), Place (tempat), Price (harga), Promotion (promosi), People (orang), Physical evidence (bukti fisik) dan Process (proses). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini ialah reduksi data,penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil temuan penelitian bahwa secara keseluruhan, MI Al�Munawaroh Bandar Lampung menunjukkan pendekatan yang komprehensif dalam memasarkan jasa pendidikan, dengan fokus pada kualitas produk, keterjangkauan harga, lokasi strategis, promosi yang efektif, pengembangan sumber daya manusia, fasilitas yang memadai, dan proses pendidikan yang terstruktur. Produk (Product): yang ditawarkan program pendidikan dan program bakti. Penetapan Harga (Price): Penetapan biaya sekolah dilakukan melalui rapat yang melibatkan orang tua siswa, keringan biaya bagi siswa yang tidak mampu, seperti yatim piatu, dibebaskan dari biaya sekolah. Keadaan Tempat (Place): Lokasi MI Al-Munawaroh cukup strategis, berada di lingkungan yang mendukung aksesibilitas bagi siswa dan orang tua, sehingga memudahkan dalam menjangkau madrasah. Promosi (Promotion): Promosi dilakukan pemasangan banner, penggunaan media sosial, dan promosi dari mulut ke mulut. Orang (People): kepala madrasah yang menyediakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dan evaluasi supervisi. Bukti Fisik (Physical Evidence): Fasilitas di MI Al-Munawaroh sudah memenuhi standar yang ditetapkan dan fasilitas pendukung lainnya seperti internet dan alat olahraga. Proses (Process): Proses pendidikan di MI Al�Munawaroh terjadwal dengan baik, dimulai dari persiapan perangkat pembelajaran oleh guru yang kemudian divalidasi oleh kepala madrasah. Kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung dari pagi hingga siang, dengan tambahan kegiatan yang mendukung pengembangan bakat siswa. Kata kunci: Strategi, Pemasaran jasa Pendidikan. ABSTRACT The initial problem discovered during pre-research at MI Al-munawaroh Bandar Lampung was the high level of public interest in sending their children to MI Al-munawaroh Bandar Lampung, in fact according to the graph the increase in student enrollment has increased for 5 consecutive years. However, there are still things that pose a threat in marketing educational services. Apart from that, the role of the madrasa head in the marketing process is very important. From the facts in the field that have been put forward, it is clear that the Head of the Madrasah has implemented a marketing strategy that can improve the quality of education at MI Al-munawaroh Bandar Lampung. The research wants to explain how madrasa heads implement marketing strategies for educational services in improving the quality of special education for students. In this case, there is an increase in marketing educational services at madrasas. Therefore, this research aims to determine the strategy of madrasa heads who focus on marketing educational services at MI al-Munawaroh Bandar Lampung. The sub-focus used is an educational services marketing mix strategy consisting of 7P, namely Product, Place, Price, Promotion, People, Physical Evidence and Process. The research method uses a qualitative approach and source triangulation to test the validity of the data.The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The data analysis techniques in this research are data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The research findings show that overall, MI Al-Munawaroh Bandar Lampung shows a comprehensive approach in marketing educational services, with a focus on product quality, affordability, strategic location, effective promotion, human resource development, adequate facilities, and educational processes structured. Products: educational programs and community service programs offered. Price Determination: Determination of school fees is carried out through meetings involving parents of students, fee reductions for students who cannot afford it, such as orphans, are exempt from school fees. Place Conditions: The location of MI Al-Munawaroh is quite strategic, in an environment that supports accessibility for students and parents, making it easier to reach the madrasa. Promotion: Promotion is carried out by placing banners, using social media and word of mouth. People: madrasa heads who provide training to improve teacher competency and supervision evaluation. Physical Evidence: The facilities at MI Al-Munawaroh meet the established standards and other supporting facilities such as internet and sports equipment. Process: The education process at MI Al-Munawaroh is well scheduled, starting from the preparation of learning tools by the teacher which is then validated by the madrasa head. Teaching and learning activities (KBM) take place from morning to afternoon, with additional activities that support the development of students' talents. Keywords: Strategy, Marketing of Educational Service.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 06:44 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 06:44 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35354 |
Actions (login required)
View Item |