PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN E-LEARNING DI PRODI MPI UIN RADEN LAMPUNG

Santi, Sartika (2024) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN E-LEARNING DI PRODI MPI UIN RADEN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of DRAFF SKRIPSI REVISI 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran E-Learning merupakan prinsip pembelajaran langsung dimana dalam penerapannya E-learning mengedepankan pembelajaran mandiri yaitu pembelajaran jarak jauh berbasis web yang bisa diakses melalui jaringan internet. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi untuk mendukung pembelajarane E�learning. Aplikasi yang digunakan adalah Moodle berbasis LMS (Learning Management System) merupakan sebuah sistem yang didesain untuk menampilkan, melacak, melaporkan, dan mengatur konten pembelajaran, kemajuan mahasiswa, dan interaksi. LMS memiliki kemampuan untuk mengelola administrasi pembelajaran berbasis web seperti pendaftaran maupun melakukan pemberian nilai tes, penyediaan bahan ajar dalam berbagai format. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman dan evaluasi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning. Penulis memakai penelitian deskriptif yang menggunakan metode kualitatif. Penulis menggunakan metode dokumentasi,wawancara, untuk mengumpulkan data penelitian ini. Menggunakan reduksi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam metode analisis data, sedangkan informsi yang djadikan sasaran yaitu mahasiswa MPI angkatan 2020 /2021 , dosen MPI , staff admin ICT di UIN Raden ntan Lampung dan triangulasi sumber dan uji keabsahan data. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning untuk saat ini masih terdapat beberapa kendala yang dikeluhkan seperti kurang memahami cara peggunaan nya, error sistem, jaringan , dan kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Disamping itu untuk manfaat e�learing pada dunia pendidikan yaitu bisa di aplikasikan kapan saja dan dimana saja. Kata kunci: E-learning, pemahaman, evaluasi. ABSTRACT E-Learning is a direct learning principle where in its application E-learning prioritizes independent learning, namely web�based distance learning that can be accessed via the internet network. Therefore, an application is needed to support e-learning. The application used is Moodle based on LMS (Learning Management System) which is a system designed to display, track, report and manage learning content, student progress and interactions. LMS has the ability to manage web-based learning administration such as registration and providing test scores, providing teaching materials in various formats. The aim of this research is to determine students' understanding and evaluation of e-learning. The author uses descriptive research using qualitative methods. The author used documentation methods, interviews, to collect data for this research. Using data reduction, data presentation, and drawing conclusions in the data analysis method, while the information targeted is MPI students class 2020/2021, MPI lecturers, ICT admin staff at UIN Raden Ntan Lampung and triangulating sources and testing the validity of the data. The results of this research show that students' perceptions of e-learning currently still contain several problems that they complain about, such as not understanding how to use it, system errors, networks, and not being able to understand the material presented by lecturers. Apart from that, the benefits of e-learning in the world of education are that it can be applied anytime and anywhere. Key words: E-learning, understanding, evaluation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:35
Last Modified: 18 Sep 2024 06:35
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35353

Actions (login required)

View Item View Item