PENGARUH OMNICHANNEL MARKETING, PRODUCT ASSORTMENT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Konsumen Sociolla di Bandar Lampung)

MASDALENA, MASDALENA (2024) PENGARUH OMNICHANNEL MARKETING, PRODUCT ASSORTMENT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Konsumen Sociolla di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cetak Masdalena 135.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of cetak Masdalena full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sektor industri yang terus berkembang berjalan dengan kemajuan media sosial, teknologi, dan platform digital untuk mendiversifikasi produknya dan membuatnya terjangkau serta dapat diakses oleh konsumen secara luas. Hal-hal tersebut membuat para pebisnis menemukan peluang baru untuk memperluas jangkauan bisnisnya ke online. Berdasarkan Laporan goodstats diposisi kedua terdapat produk kecantikan dan perawatan diri, yakni mencapai 49,73%. Salah satu e-commerce yang banyak diminati adalah Sociolla. Berdasarkan data dari www.similarweb.com (2023) Sociolla menempati posisi pertama dari 4 besar beauty e-commerce dengan pengunjung bulan Juli terbanyak. Hal ini mengindikasi bahwa Sociolla merupakan beauty e-commerce pilihan masyarakat untuk berbelanja secara online. Penelitian ini bertujian untuk menguji pengaruh omnichannel marketing, product assortment dan online customer review terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang menggunakan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen sociolla di Bandar Lampung yang pernah berbelanja di sociolla. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden dan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan Purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan aplikasi Smart PLS. Sumber data yang digunakan adalah data primer dari hasil koesioner. Metode analisis data berupa uji validitas dan uji realibilitas dan teknik analis data menggunakan analisis inner model dan analisis outer model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa omnichannel marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli. Product assortment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli. Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Kata kunci: Omnichannel Marketing, Product Assortment, Online Customer Review, Minat Beli. ABSTRACT The ever-growing industry sector goes with the advancement of social media, technology, and digital platforms to diversify its products and make them affordable and accessible to a wide range of consumers. These things make businesses find new opportunities to expand their business reach into the online. Based on the goodstats report in second position there are beauty and personal care products, which reached 49.73%. One of the most popular e�commerce is Sociolla. Based on data from www.similarweb.com (2023) Sociolla ranks first of the top 4 beauty e-commerce sites with the most July visitors. This indicates that Sociolla is the beauty e�commerce of choice for people to shop online. This study aims to examine the effect of omnichannel marketing, product assortment and online customer reviews on buying interest. This research uses quantitative data and the data collection method used in this research is a questionnaire using a Likert scale. The population used in this research is Sociolla consumers in Bandar Lampung who have shopped at Sociolla. Meanwhile, the sample in this study amounted to 97 respondents and used a sampling technique based on purposive sampling. The data analysis technique uses the Smart PLS application. The data source used is primary data from the results of the questionnaire. Data analysis methods include validity tests and reliability tests and data analysis techniques use inner model analysis and outer model analysis. The research results show that omnichannel marketing has a positive and significant effect on purchasing interest. Product assortment has a positive and significant effect on purchasing interest. Online customer reviews have a positive and significant effect on purchasing interest. Keywords: Omnichannel Marketing, Product Assortment, Online Customer Review, Purchase Intention.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:15
Last Modified: 18 Sep 2024 03:15
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35341

Actions (login required)

View Item View Item