Pramita, Hasan (2024) PENGARUH PERSEPSI EASE OF USE ,PENDAPATAN DAN CUSTOMER PERCEIVED BENEFIT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA LAYANAN E�WALLET MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Generasi Z Pengguna Layanan GoPay di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Konsumsi yang berlebihan dapat mempengaruhi kestabilan keuangan individu serta masyarakat secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi Ease of Use, pendapatan, dan Customer Perceived Benefit terhadap perilaku konsumtif pengguna layanan e-wallet dari perspektif Islam, khususnya pada generasi Z pengguna layanan GoPay di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian adalah pengguna GoPay di Bandar Lampung yang merupakan bagian dari generasi Z.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (Ease of Use, pendapatan, dan Customer Perceived Benefit) dengan variabel dependen (perilaku konsumtif).Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diolah dengan menggunakan software SMART PLS 4. Persepsi Ease Of Use mempunyai nilai original sampel sebesar 0.213 yang berarti memiliki hubungan positif dan Persepsi Ease Of Use juga memiliki nilai t-statistik 2,110 > 1.661 serta nilai p-value sebesar 0,035 < 0,05 yang berarti bahwa hubungan yang terjadi signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama Persepsi Ease Of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif. penelitian ini sesuai dengan teori TAM (Technology Acceptance Model) yang menjelaskan bahwasanya gagasan TAM (Technology Acceptance Mode)l merupakan teori sistem informasi yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana konsumen memahami dan menggunakan berbagai teknologi data. ketika seseorang percaya bahwa menggunakan suatu sistem akan membuat pekerjaannya lebih mudah. kemudahan dapat membantu menghemat waktu dan tenaga saat menggunakan sistem teknologi tertentu karena orang akan menemukan sistem atau teknologi tersebut mudah digunakan. Akibatnya, transaksi akan menjadi lebih mudah bagi masyarakat umum. Perilaku Konsumtif adalah keinginan untuk membeli barang atau jasa meskipun tidak diperlukan untuk mencapai tingkat keberhasilan tertinggi. Kata Kunci : Persepsi Ease Of Use, Pendapatan, Costumer Perceived Benefit, Perilaku Konsumtif. ABSTRACT Excessive consumption can affect the financial stability of individuals and society in general. This research aims to examine the influence of perceived Ease of Use, income, and Customer Perceived Benefit on the consumptive behavior of e-wallet service users from an Islamic perspective, especially among generation Z users of GoPay services in Bandar Lampung. This research uses a quantitative approach with a survey method via questionnaires as a data collection tool. The research sample is GoPay users in Bandar Lampung who are part of generation Z. The data analysis technique used is multiple regression to test the relationship between independent variables (Ease of Use, income, and Customer Perceived Benefit) and the dependent variable (consumptive behavior). Data in this study is primary data processed using SMART PLS 4 software. Perception of Ease of Use has an original sample value of 0.213 which means it has a positive relationship and Perception of Ease of Use also has a t-statistic value of 2.110 > 1.661 and a p�value of 0.035 < 0.05 which means that the relationship is significant. So it can be concluded that the first hypothesis is that Perception of Ease of Use has a positive and significant effect on Consumptive Behavior. This research is in accordance with the TAM (Technology Acceptance Model) theory which explains that the idea of TAM (Technology Acceptance Mode) is an information systems theory which aims to explain how consumers understand and use various data technologies. when someone believes that using a system will make their job easier. convenience can help save time and energy when using a particular technological system because people will find the system or technology easy to use. As a result, transactions will become easier for the general public. Consumptive behavior is the desire to buy goods or services even though they are not necessary to achieve the highest level of success. Keywords: Perceived Ease of Use, Income, Customer Perceived Benefit, Consumptive Behavior.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 07:06 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 07:06 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |