ANALISIS STRATEGIC AGILITY SEBAGAI PENDORONG COMPETITIVE ADVANTAGE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (STUDI PADA CAFÉ KIYO TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG)

SADDAM, AZIZ (2024) ANALISIS STRATEGIC AGILITY SEBAGAI PENDORONG COMPETITIVE ADVANTAGE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (STUDI PADA CAFÉ KIYO TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (652kB)
[thumbnail of skripsi saddam.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi COVID-19 dapat dianggap sebagai bencana global. Sebagai guncangan eksogen yang belum pernah terjadi sebelumnya, hal ini sangat berdampak pada berbagai aspek stabilitas global yang saling berhubungan, termasuk bidang politik, ekonomi, dan sosial.Strategic agility telah berkembang sebagai topik yang menarik dalam beberapa tahun terakhir, dengan banyak penulis yang menyelidiki subjek ini; khususnya, Strategic agility telah mendapatkan perhatian besar dalam periode penuh gejolak saat ini yang disebabkan oleh pandemi global COVID-19, yang telah mempercepat perubahan yang sedang terjadi dalam perilaku konsumen dan platform komunikasi baru. Penelitian ini dilakukan di Café Kiyo Teluk Betung Utara Bandar Lampung dengan beberapa rumusan masalah yaitu: Bagaimana kemampuan strategic agility pada Café Kiyo, Bagaimana implementasi strategic agility dalam mendorong competitive advantage pada Café Kiyo dan Bagaimana penerapan prinsip-prinsip bisnis islam pada Café Kiyo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategic Agility yang diduga menjadi pendorong Competitive advantage dalam perspektif bisnis islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Upaya Strategic agility sudah mulai diterapkan di Café Kiyo, pengaruhnya terhadap keunggulan kompetitif belum terasa signifikan. Keunggulan kompetitif Café Kiyo saat ini lebih banyak didorong oleh dedikasi mereka terhadap kualitas produk dan layanan yang konsisten. Secara keseluruhan, Café Kiyo telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip bisnis Islam dengan baik, terutama prinsip kejujuran (Tauhid) dan amanah (Tanggung Jawab). Implementasi ini terlihat dari cara mereka menyajikan produk sesuai dengan gambar di menu dan menjaga barang-barang pelanggan yang tertinggal. Kata Kunci: Strategic Agility, Competitive Advantage, Café Kiyo, Perspektif Bisnis Islam. ABSTRACT The COVID-19 pandemic can be considered a global disaster. Strategic agility has developed as a topic of interest in recent years, with many authors investigating this subject; in particular, Strategic agility has gained great attention in the current turbulent period caused by the COVID-19 global pandemic, which has accelerated ongoing changes in consumer behaviour and new communication platforms. This research was conducted at Café Kiyo Teluk Betung Utara Bandar Lampung with several problem formulations, namely: How is the ability of strategic agility at Café Kiyo, How is the implementation of strategic agility in driving competitive advantage at Café Kiyo and How is the application of Islamic business principles at Café Kiyo. This study aims to analyse Strategic Agility which is thought to be a driver of Competitive advantage in an Islamic business perspective. This type of research is Field research using a Qualitative approach, using data collection techniques of interviews and observations. The results showed that Strategic agility efforts have begun to be implemented at Café Kiyo, the effect on competitive advantage has not been significant. Café Kiyo's competitive advantage is currently driven more by their dedication to consistent product and service quality. Overall, Café Kiyo has successfully implemented Islamic business principles well, especially the principles of honesty (Tawhid) and trustworthiness(Responsibility). This implementation can be seen from the way they serve products according to the pictures on the menu and look after customers' belongings that are left behind. Keywords: Strategic Agility, Competitive Advantage, Café Kiyo, Islamic Business Perspective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Sep 2024 04:36
Last Modified: 17 Sep 2024 04:36
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35333

Actions (login required)

View Item View Item