EFEKTIVITAS PENJUALAN BATIK MELALUI MEDIA TIKTOK SHOP DI TINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi pada Toko Omah Batik Mamita Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung)

RIYA, MAULIDYA SARI (2024) EFEKTIVITAS PENJUALAN BATIK MELALUI MEDIA TIKTOK SHOP DI TINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi pada Toko Omah Batik Mamita Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I, II & DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIYA MAULIDYA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pemasaran di Indonesia, Berdasarkan data penguna aktif bulanan dapat di lihat pada bulan januari 2024, Tiktok menepati peringkat kelima menunjukan pertumbuhan yang signifikan. Dalam waktu singkat tiktok berhasil menarik perhatian dari berbagai kelompok usia perubahan ini terlihat dari meningkatnya penggunaan e-commerce dan transaksi digital yang merubah budaya belanja dari tatap muka menjadi online. Namun Fenomena yang terjadi saat ini, tiktok dipandang sebagai aplikasi yang membawa dampak negatif. Adapun dampak negatif yang paling banyak dikeluhkan adalah fitur tiktok yaitu tiktokshop yang dipandang sebagai aplikasi yang membuat matinya UMKM di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di Toko Omah Batik Mamita, Kecamatan Kedamaian, Bandar Lampung, Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas penjualan melalui Media Tiktokshop pada Toko Omah Batik Mamita Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung? Apa saja kendala dalam menggunakan Media Tiktokshop pada Toko Omah Batik Mamita Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung? Bagaimana implementasi media tiktokshop dalam meningkatkan Efektivitas Penjualan batik pada Toko Omah Batik Mamita Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung jika di tinjau dari persepektif Bisnis Syariah? Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penjualan melalui media TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok Shop efektif dalam meningkatkan penjualan dan kesadaran merek Toko Omah Batik Mamita dan secara keseluruhan Toko Omah Batik Mamita telah menerapkan prinsip prinsip bisnis islam dalam berbisnis mereka menjaga sikap yang baik menjunjung tinggi prinsip kejujuran, kepercayaan,dan komunikasi yang baik. Kata kunci: Tiktok shop, E-commerce, pemasaran digital,bisnis syariah, efektivitas penjualan,media sosial. ABSTRACT The development of increasingly sophisticated technology has changed various aspects of human life, including in the field of marketing in Indonesia. Based on monthly active user data which can be seen in January 2024, Tiktok is in fifth place showing significant growth. In a short time, the current phenomenon is that TikTok is seen as an application that has a negative impact. The negative impact that is most complained about is the TikTok feature, namely TikTokshop, which is seen as an application that is causing the death of UMKM in Indonesia. This research was conducted at the Omah Batik Mamita Shop, Kecepatan District, Bandar Lampung. The problem studied in this research is How is the effectiveness of sales through Tiktokshop Media at the Omah Batik Mamita Shop, Kecepatan District, Bandar Lampung? What are the obstacles in using Tiktokshop Media at the Omah Batik Mamita Shop, Peace District, Bandar Lampung? How does the implementation of TikTokshop media increase the effectiveness of batik sales at the Omah Batik Mamita Shop, Kecepatan District, Bandar Lampung, if viewed from a Sharia Business perspective? The aim of this research is to determine the effectiveness of sales through the TikTok Shop media. This research uses field research methods using a descriptive qualitative approach. Data was obtained through observation, interviews and documentation The research results show that the TikTok Shop is effective in increasing sales and brand awareness of the Omah Batik Mamita Shop and overall the Omah Batik Mamita Shop has implemented Islamic business principles in their business, maintaining a good attitude, upholding the principles of honesty, trust and good communication. Keywords: TikTok shop, E-commerce, digital marketing, sharia business, sales effectiveness, social media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Sep 2024 04:33
Last Modified: 17 Sep 2024 04:33
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35332

Actions (login required)

View Item View Item