Rahma, Dayanti Syafitri (2024) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AQUA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI TENGAH AKSI BOIKOT PRODUK TERAFILIASI ISRAEL DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Aqua Di UIN RIL). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Brand image adalah suatu faktor yang sangat penting dalam manajemen pemasaran, pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian dengan mempertimbangkan peran kepuasan konsumen sebagai mediator, jika brand image pada suatu perusahaan kuat maka akan meningkatkan kepuasan konsumen, yang selanjutnya akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Rumusan masalah pada penelitian ini, apakah brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian, apakah brand image berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, apakah kepuasan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian, apakah kepuasan konsumen dapat memediasi hubungan antara brand image terhadap keputusan pembelian, bagaimana keputusan pembelian produk Aqua di tengah aksi boikot produk pro Israel dalam perspektif bisnis islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas FEBI UIN Raden Intan Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisoner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SEM dengan menggunakan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian yang diperoleh secara langsung setiap variabel yaitu brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan untuk hasil uji melewati variabel mediasi diperoleh kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian secara parcial mediasi. Kata Kunci: Brand Image, Kepuasan Konsumen, dan Keputusan Pembelian. ABSTRACT Brand image is a very important factor in marketing management, the influence of brand image on purchasing decisions by considering the role of consumer satisfaction as a mediator, if the brand image of a company is strong it will increase consumer satisfaction, which in turn will influence consumer purchasing decisions. The formulation of the problem in this research is whether brand image influences purchasing decisions, whether brand image influences consumer satisfaction, whether consumer satisfaction influences purchasing decisions, whether consumer satisfaction can mediate the relationship between brand image and purchasing decisions, how is the decision to buy Aqua products amidst the pro�Israel product boycott from an Islamic business perspective. This research is quantitative research, the population in this research is students of the Faculty of FEBI UIN Raden Intan Lampung. The sample used in this research was 100 respondents. Data collection uses a questionnaire. The data analysis technique used in this research is the SEM model using SmartPLS version 3.0. The research results obtained directly from each variable are that brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions, brand image has a positive and significant effect on consumer satisfaction, consumer satisfaction has a positive and significant effect on purchasing decisions. And for the test results passing the mediating variable, it was found that consumer satisfaction was able to mediate the influence of brand image on purchasing decisions through partial mediation. Keywords: Brand Image, Consumer Satisfaction, and Purchasing Decisions.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 04:19 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 04:19 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |