NETTY, WULANDARI (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP DISPLIN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (6MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam menerapkan pendidikan karakter, Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan menjadikan visi dan misi sebagai pedoman. Hal ini terjadi karena, visi dan misi pesantren ini sudah mencakup dari keseluruhan karakter, baik karakter yang dianjurkan dalam agama maupun berkarakter yang dianjurkan oleh pemerintah. Tetapi pada kenyataannya pendidikan karakter yang ada belum sepenuhnya mencerminkan visi dan misi di pesantren tersebut. Akibatnya, proses penerapan pendidikan karakter menjadi terhambatt. Maka dalam membangun karakter di pesantren kunci utama yang dilakukan adalah menggunakan manajemen karakter yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tempat penelitian di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan dengan subjek penelitian atau narasumber ketua pengurus, Bendahara, dan keamanan. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawanara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penellitian, penelitian ini menunjukan bahwa ; (1) Perencanaan yang sudah dilaksanakan rutin setiap awal tahun dan diikuti dengan seluruh komposen pesantren. Proses perencanaan itu terdiri menentukan tujuan pendidikan karakter, penyusunan program, dan pengintegrasikan nilai-nilai. (2) Pengorganisasian pendidikan karakter di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin dilaksanakan dengan membagi tugas kepada pengurus pusat dan umum dalam penanggung jawab kegiatan. (3) Pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin dilaksanakan secara integratif pada semua mata pelajaran. Penanaman karakter melekat pada aturan yang diterapkan dalam tata tertib, program pesantren seperti kegiatan keseharian santri, kegiatan ektrakulikuler dan tahunan. (4) Pengevaluasian yang dilakukan dengan ketua pengurus dan jajarannya melakukan pengawasan rutin harian untuk guna untuk pengembangan santri dan problema yang terjadi disetiap proses pendidikan karakter. Kata Kunci : Manajemen Pendidikan Karakter, Sikap Displin. ABSTRACT In implementing character education, the Hidayatul Mubtadiin Islamic Boarding School in Jati Agung, South Lampung uses its vision and mission as guidelines. This happens because the vision and mission of this Islamic boarding school encompasses the entire character, both the character recommended in religion and the character recommended by the government. But in reality, existing character education does not fully reflect the vision and mission of the Islamic boarding school. As a result, the process of implementing character education becomes hampered. So, in building character in Islamic boarding schools, the main thing to do is use good character management. This type of research is qualitative research with descriptive methods. The research location is at the Hidayatul Mubtadiin Islamic Boarding School, Jati Agung, South Lampung, with research subjects or resource persons, chairman of the board, treasurer and security. In data collection techniques, researchers used observation, interview and documentation methods. Based on the research results, this research shows that; (1) Planning is carried out routinely at the beginning of each year and is followed by all Islamic boarding school components. The planning process consists of determining the goals of character education, preparing programs, and integrating values. (2) The organization of character education at the Hidayatul Mubtadiin Islamic Boarding School is carried out by dividing tasks between the central and general administrators in charge of activities. (3) The implementation of character education at the Hidayatul Mubtadiin Islamic Boarding School is carried out in an integrative manner in all subjects. The cultivation of character is attached to the rules implemented in the boarding school's rules and regulations, such as the daily activities of students, extracurricular and annual activities. (4) The evaluation is carried out with the chairman of the board and his staff carrying out routine daily supervision for the purpose of developing students and problems that occur in each character education process. Keywords: Character Education Management, Disciplined Attitude.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:49 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:49 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35326 |
Actions (login required)
View Item |