EFEK PASCA PENUTUPAN TIKTOK SHOP PADA VOLUME PENDAPATAN JASA PENGIRIMAN J&T EXPRESS DALAM PERSPEKTIF SYARIAH (Studi Pada Werehouse J&T Express di Bandar Lampung)

MAYANG, PUTRI (2024) EFEK PASCA PENUTUPAN TIKTOK SHOP PADA VOLUME PENDAPATAN JASA PENGIRIMAN J&T EXPRESS DALAM PERSPEKTIF SYARIAH (Studi Pada Werehouse J&T Express di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MAYANG PUTRI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of BAB I, II & DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penutupan platform tiktok shop memicu polemik yang krusial, tidak hanya yang berkaitan dengan tanggung jawab platform e�commerce tetapi juga mengenai implikasi operasional terhadap lingkungan bisnis dan social seperti menurunya pada pendapatan pada jasa pengiriman J&T Express Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis efek pasca penutupan Tiktok Shop pada Volume Pendapatan Jasa Pengiriman J&T Express dan juga dilihat dari sudut pandang persepektif syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif data yang diperoleh langsung dari sumbernya dengan melakukan pengukuran, menghitung sendiri dalam bentuk angket, observasi, wawancara dan Data yang diperoleh secara tidak langsung dari orang lain, kantor yang berupa laporan, profil, buku pedoman, atau Pustaka. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Efek pasca penutupan Tiktok-Shop memaparkan dampak cukup tinggi yang dapat dilihat dari tinjauan data Incoming Resi pada J&T Express Drop Point Tanjung Gading Bandar Lampung ketika E-Commers Tiktok Shop ditutup dikarenakan sekitar 70% resi yang ada merupakan pendapatan dari Tiktok-Shop. Dan Menurut sudut pandang syariah, penutupan tiktok shop dapat dianggap sebagai tindakan yang sesuai dengan etika, moral dan nilai-nilai Islam jika tiktok shop melanggar prinsip syariah seperti penipuan, tanggung jawab, keadilan, pelanggaran, tingkat privasi data dan perilaku lain yang membawa kerugian bagi konsumen. Apabila tutupnya platform tiktok shop merupakan bagian tindakan yang membantu mengurangi kesenjangan ekonomi, perilaku tidak bermoral, dan eksploitasi. Maka tindakan tersebut dipandang telah sesuai dengan serangkaian prinsip syariah. Kata kunci : Tiktok-Shop, Volume Pendapatan, Jasa Pengiriman. ABSTRACT The closure of the stick shop platform has triggered crucial controversy, not only about the e-commerce platform's responsibility but also about its operational implications for the business and social environment, such as its imposition on revenue on J&T Express delivery services in Bandar Lampung. This study aims to analyze the effect of the post-closure of Tiktok Shop on the Volume of Revenue of J&T Express Delivery Services and is also seen from a Shariah perspective. This research uses a qualitative approach to data obtained directly from its source by carrying out measurements, self-calculation in the form of surveys, observations, interviews and data obtaining indirectly from others, offices that are reports, profiles, guidelines, or libraries. The results of this study, namely the post-closure effect of Tiktok-Shop, showed a fairly high impact that can be seen from the survey of Incoming Resi data on J&T Express Drop Point Tanjung Gading Bandar Lampung when E-Commers Tektok Shop was closed due to the fact that about 70% of the existing receipts were revenue from Tiktoks-Shop. And according to Shariah economic point of view, the closure of the shop is considered to be an act in accordance with ethics, morality and Islamic values if the shop violates Sharial principles such as fraud, responsibility, justice, violation, level of privacy of data and other behaviour that brings losses to consumers. When closing the shop platform is part of the action that helps reduce the economic gaps, immoral behavior, and exploitation. Then such action is seen to have been in conformity with a series of Sharial economic principles. Keywords: Tiktok-Shop, Revenue Volume, Delivery Services.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:57
Last Modified: 17 Sep 2024 02:57
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35321

Actions (login required)

View Item View Item