Khofifah, Indar Mawar Sari (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, DIGITAL MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (Studi pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Kabupaten OKU Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Bank Syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syari„ah. Untuk meningkatkan Loyalitas Nasabah dan produk yang ditawarkan dan pastinya produk yang ditawarkan sesuai dengan tujuan untuk menarik minat dari nasabah menggunakan produk bank syariah indonesia. Oleh karenanya, diperlukan pemahaman literasi keuangan syariah, digital marketing dan brand image untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya perbankan syariah maka akan semakin kompetitif persaingan diindustri perbankan dan semakin sulit untuk menjaga loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing dan Brand Image terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia Kabupaten OKU Timur yang diambil sampel sebanyak 96 responden dengan menggunakan perhitungan menggunakan rumus lemeshow. Pada analisis data penelitian ini dibantu dengan menggunakan software SPSS 26 untuk memudahkan peneliti dalam melakukan perhitungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan signifikansi 0,00 < 0,05, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan sgnifikasnsi 0,00 < 0,05, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan signifikasnsi 0,00 < 0,05. nilai F hitung sebesar 42.488 dan nilai signifikan 0,00 sehingga Literasi keuanga syariah, Digital Marketing dan Brand Image secara simultan berpengaruh positif signifikan. Kata Kunci: Literasi keuangan syariah, digital marketing, brand image, Loyalitas nasabah. ABSTRACT Islamic Banks or banks that operate in accordance with sharia principles. To increase customer loyalty and the products offered and of course the products offered are in accordance with the aim of attracting customer interest in using Indonesian sharia bank products. Therefore, it is necessary to understand sharia financial literacy, digital marketing and brand image to increase customer loyalty. This research is motivated by the increasing development of sharia banking, the competition in the banking industry will become more competitive and it will become increasingly difficult to maintain customer loyalty. This research aims to analyze the influence of Sharia Financial Literacy, Digital Marketing and Brand Image on customer loyalty. This research uses a quantitative type of research. The population of this research is customers of Bank Syariah Indonesia, East OKU Regency, a sample of 96 respondents was taken using calculations using the lemeshow formula. This research data analysis was assisted by using SPSS 26 software to make it easier for researchers to carry out calculations. The results of this research show that sharia financial literacy has a positive and significant effect on customer loyalty with a significance of 0.00 < 0.05, digital marketing has a positive and significant effect on customer loyalty with a significance of 0.00 < 0.05, brand image has a positive and significant effect on customer loyalty with a significance of 0.00 <0.05. The calculated F value is 42,488 and the significant value is 0.00 so that Sharia financial literacy, Digital Marketing and Brand Image simultaneously have a significant positive effect. Keywords: Sharia financial literacy, digital marketing, brand image, customer loyalty.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:47 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:47 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |