PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SD AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Putri, Ayu Puspita Sari (2024) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SD AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI AYU PUSPITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar IPAS di SD Al Azhar 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yaitu Quasi Eksperiment Design dengan menggunakan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Al Azhar 1 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B yang berjumlah 23 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas IVA berjumlah 23 peserta didik untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Lightening The Learning Climate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes tertulis berupa pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post test kelas eksperimen adalah 84.87 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75.65. Hasil uji t independen menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif diperoleh sig. (2-tailed) equal variances assumed sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat diambil kesimpulan jika H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar IPAS di SD Al Azhar 1 bandar Lampung. Kata kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 5e, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2024 04:30
Last Modified: 13 Sep 2024 04:30
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35316

Actions (login required)

View Item View Item