Gusmiarni, Rahayu (2024) PENGARUH METODE READ ALOUD MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK RADEN INTAN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (6MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan bahasa adalah menambah pembendaharaan kosakata agar anak dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa, baik dengan cara melihat, mendengar dan juga dengan cara berkomunikasi kepada lingukangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode read aloud menggunakan media YouTube terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di Tk Raden Intan Way Kanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental desain yang digunakan adalah Non-equivalent Control Grup Design. Adapun populasi dan sampel yang digunakan yaitu 30 anak yang terbagi menjadi dua kelas/kelompok yaitu kelas B1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas B2 sebagai kelompok kontrol. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak dan uji homogenitas untuk mengetahui data homogennya. Uji hipotesis untuk mengetahui hasil penelitian menggunakan uji Independent sample T�Test. Dari tabel pengajuan hipotesis menggunakan uji Independent sample T-test menunjukkan hasil yaitu sig. (2-tailed) sebesar 0,49. Karena nilai 0,049 lebih kecil dari 0,05 (<0,05) maka dapat diartikan Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode read aloud menggunakan media YouTube terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Raden Intan Way Kanan. Dari hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode read aloud menggunakan media YouTube terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Raden Intan Way Kanan. Kata Kunci : Metode Read Aloud, Media Youtube, Perkembangan Bahasa iii ABSTRACT Language development is increasing vocabulary so that children can improve their language skills, both by seeing, hearing and also by communicating with their environment. This research aims to determine the effect of the read aloud method using YouTube media on the language development of children aged 5-6 years at TK Raden Intan Way Kanan. The type of research used is Quasi Experimental. The design used is Non-equivalent Control Group Design. The population and sample used were 30 children who were divided into two classes/groups, namely class B1 as the experimental group and class B2 as the control group. Data collection tools include observation, interviews and documentation. The analysis prerequisite test uses the Kolmogorov Smirnov normality test to determine whether the data is normally distributed or not and the homogeneity test to determine whether the data is homogeneous. Test the hypothesis to determine the research results using the Independent sample T-test. From the hypothesis submission table using the Independent sample T-test, the results show sig. (2-tailed) of 0.49. Because the value of 0.049 is smaller than 0.05 (<0.05), it can be interpreted that Ho is accepted and Ha is rejected. Thus, it can be concluded that there is an influence of the read aloud method using YouTube media on the language development of children aged 5-6 years at Raden Intan Way Kanan Kindergarten. From the results of hypothesis testing, it is proven that "There is a significant influence between the read aloud method using YouTube media on the language development of children aged 5-6 years at TK Raden Intan Way Kanan. Keywords : Read aloud method, YouTube media, language development
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 04:19 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 04:19 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |