RHEINA, PUTRI ERLYSA (2024) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini membahas “Manajemen manajemen strategi kepala sekolah dalam meningktkan kopetensi profesional guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung” penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kopetensi profesional guru dalam manajemen strategi kepala sekolah. Manajemen strategi adalah kumpulan orang-orang yang tersistem dalam suatu kegiatan terorganisir dengan tujuan yang jelas berlandasan pada visi dan misi pendidikan. Manajemen strategi adalah suatun organisasi yang dalam kegiatannya menyangkut seni, pengetahuan, merumuskan, mengimplementasikan serta mengevaluasi suatu kegiatan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pada lembaga pendidikan seperti sekolah manajemen strategi sangat diperlukan dalam sebuah perencanaan pendidikan. Selain itu, kompetensi profesional guru adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, serta metode dan teknik mengajar yang sesuai yang dapat dipahami oleh peserta didik, mudah ditangkap, tidak menimbulkan kesulitan dan keraguan. Dalam manajemen strategi tidak bisa dipisahkan dengan profesional guru dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen: “Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional”. Penbelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi kepala sekolah dalam meningktkan kopetensi profesional guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi manajemen strategi, evaluasi manajemen strategi, strategi pembelajaran dan evaluasi pembabelajaran yang terjadi serta hambatan-hambatan yang terjadi sehingga menjadi kendala. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas penelitian ini juga menggunakan terknik triangulasi sumber dengan membandingkan informasi yang peneliti dapatkan terhadap teori yang peneliti pakai. Adapun sumber penelitian ini didapatkan dari kepala sekolah, waka kurikulum, dan juga salah satu guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan Verifikasi data dan menarik Kesimpulan. iii Penelitian ini memberikan informasi bahwa menajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kopetensi profesional guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung yang dikaji melalui 3(tiga) aspek yaitu formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi yang sudah berjalan dengan seharusnya. Ketiga aspek utama yang peneliti teliti sesuai dengan teori Winardi dan pendapat dari ketiga informan yang peneliti teliti.adapun hambatan-hambatan yang terjadi yaitu mengenai perizinan ataupun absensi dimana masih terdapat guru-guru yang melakukan izin yang cukup sering atau bisa juga tanpa keterangan. Hal tersebut masih terus menjadi pertanyaan mengenai kejelasan atas izin dan ketidak hadiran tersebut karena semua aspek tersebut mempengaruhi penilaian profesional guru. Kata kunci: Manajemen Strategi, Kepala Sekolah, Kopetensi Profesional Guru. iv ABSTRACT This research discusses 'The strategic management of school principals in increasing the professional competence of teachers at Muhammadiyah 1 Elementary School, Bandar Lampung.' This research is motivated by the level of professional competence of teachers in the strategic management of school principals. Strategic management is a group of people systemized in an organized activity with clear goals based on the vision and mission of education. Strategic management is a group of people systemized in an organized activity with clear goals based on the vision and mission of education. Strategic management is an organization whose activities involve art, knowledge, formulating, implementing, and evaluating activities to achieve predetermined goals. In educational institutions like schools, strategic management is crucial in educational planning. Apart from that, teacher professional competence is the ability to master learning material broadly and deeply, along with appropriate teaching methods and techniques that can be understood by students, are easy to grasp, and do not cause difficulties and doubts. Strategic management cannot be separated from teacher professionalism in Law of the Republic of Indonesia No. 14 of 2005 concerning teachers and lecturers: 'Teachers must have academic qualifications, competence, educator certification, be physically and spiritually healthy, and have the ability to realize national education goals.' This research aims to find out how the principal's management strategy is in increasing the professional competence of teachers at Elementary School Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This research also aims to find out how the process of implementing strategic management, evaluating strategic management, learning strategies, and learning evaluation occur as well as the obstacles that occur, which become obstacles. This research uses a descriptive qualitative method approach. The data collection techniques involve observations, interviews, and documentation. The validity of this research is ensured by employing source triangulation techniques to compare the obtained information with the theory used. The sources for this research were the school principal, head of curriculum, and one of the teachers at Elementary School Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Data analysis includes data reduction, data presentation, verification, and drawing conclusions. v The research focuses on the principal's strategic management in enhancing the professional competence of teachers at Elementary School 1 Muhammadiyah Bandar Lampung, examining strategy formulation, implementation, and evaluation. The three main aspects that the author researched are in accordance with Winardi's theory and the opinions of the three informants that the author researched. The obstacles that occur are regarding permits or absenteeism, with some teachers taking permits quite often or being absent without providing information. There is still a question regarding the clarity of permission and absence since all these aspects affect teachers' professional judgment. Key words: Strategic Management, School Principal, Teacher Professional Competence
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 04:01 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 04:01 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35311 |
Actions (login required)
View Item |