PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD/MI

Mufi, Yulianingsih (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi mufi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di Mi Islamiyah Sendang Mukti. jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan design Quasy experiment design dengan rancangan Pretest-Postest Control Group Design dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan sampel tersebut diberikan tes akhir yaitu tes hasil belajar peserta didik melalui posttest. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 44 siswa, yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara, pengujian hipotesis digunakan teknik uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik yang diterapkan model pembelajaran SAVI, (2) pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar dikategorikan cukup efektif, (3) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara tes awal dengan tes akhir setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran SAVI. model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di Mi Islamiyah Sendang Mukti.. Hal ini ditunjukkan dari hasil data yang diperoleh dari uji-t dengan hasil signifikansi pada nilai posttest diperoleh 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05 dengan kesimpulan nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan perbandingan nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 82,2 dan nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 80,8 ini menunjukkan bahwa model pembelajaran somatic, auditory, visual, intelectual (SAVI) berpengaruh dalam meningkat hasil belajar IPA siswa kelas V di MI Islamiyah Sendang Mukti Lampung Tengah Kata Kunci : Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI), Hasil Belajar IPA. iv ABSTRACT The aim of this research is to determine the influence of the somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) learning model on the science learning outcomes of class V students at Mi Islamiyah Sendang Mukti. The type of research carried out was quantitative research with a Quasy experiment design with a Pretest-Posttest Control Group Design with an experimental class and a control class. After being given treatment, the sample is given a final test, namely a test of student learning outcomes through a posttest. The research sample was determined as 2 classes with a total of 44 students, which was determined using cluster random sampling. The data collection techniques used in this research are observation and interviews, hypothesis testing uses the t-test technique. Based on data analysis, it was found that (1) there were differences in the average learning outcomes of students who applied the SAVI learning model, (2) learning using the SAVI learning model for learning outcomes was categorized as quite effective, (3) there were differences in the average learning outcomes of students between the initial test and the final test after being treated with the SAVI learning model. somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) learning model on the science learning outcomes of class V students at Mi Islamiyah Sendang Mukti. This is shown from the results of the data obtained from the t-test with the significance results for the posttest value obtained at 0.000 which is smaller of 0.05 with the conclusion of a sig value. 0.000 < 0.05 means H0 is rejected and H1 is accepted. By comparing the average value of science learning outcomes for experimental class students who use the SAVI learning model of 82.2 and the average value of science learning outcomes of control class students who do not use the SAVI learning model of 80.8, this shows that the somatic, auditory learning model , visual, intellectual (SAVI) influence in increasing the science learning outcomes of class V students at MI Islamiyah Sendang Mukti Central Lampung. Keywords: Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) Learning Model, Science Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:14
Last Modified: 12 Sep 2024 08:14
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35301

Actions (login required)

View Item View Item