MIRANDA, SURYANI (2024) IMPLEMENTASI METODE DISKUSI BERBASIS BEHAVIORISTIK PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SDN 1 PALAPA KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Metode diskusi merupakan ketrampilan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak langsung kegiatan berdikusi akan mengasah kemampuan berkomunikasi seseorang menjadi lebih baik terutama dalam konteks public speaking (berbicara di depan umum atau orang banyak). di dalam kehidupan masyarakat, metode diskusi berbasis behavioristik mempunyai kedudukan yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekolah atau pendidikan, keluarga dan lingkungan umum lainnya. Seperti di SDN 1 Palapa Kota Bandar Lampung dalam meningkatkan hasil belajaf menjadi kegaiatan terutama di Kelas IV pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian Ini ditunjukkan untuk menjawab hasil implementasi metode diskusi berbasis behavioristik pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN 1 Palapa Kota Bandar Lampung. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data deskritif kualitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data angket dan wawancara. Data yang diambil dan dukumpulkan bersumber dari wali kelas dan siswa kelas IV, analisis data dilakukan memalui tiga tahap pelaksanaan, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan meliputi, perpanjangan waktu keterlibatan peneliti dalam proses penelitian, peningkatan ketekunan, triangulasi data dan asnlisi kasus negatif. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi metode diskusi berbasis behavioristik pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN 1 Palapa Kota Bandar Lampung, dengan peningkatan signifikan jumlah siswa yang mencapai KKM setelah penerapan metode ini. Melalui partisipasi aktif dalam diskusi, siswa tidak hanya mendengarkan, tetapi juga berani berbicara dan bertanya, meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri mereka dalam pembelajaran. Mereka mampu mengaitkan materi pelajaran dengan situasi kehidupan nyata, menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan kolaboratif. Peran guru dalam implementasi metode ini sangat penting, sebagai motivator dan demonstrator, guru mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan memberikan contoh konkret yang membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Namun, faktor penyebab kesulitan siswa dalam mengimplementasikan iii metode diskusi tersebut mencakup sikap individual siswa yang kurang percaya diri, kebiasaan belajar yang kurang baik, dan lingkungan tempat tinggal yang tidak mendukung, yang semua itu menghambat kemampuan siswa dalam berbicara dan memahami materi dengan baik. Kata Kunci: Metode Diskusi Berbasis Behavioristik, Mata Pelajaran IPA. iv ABSTRACK The discussion method is a basic skill that is very important in everyday life. Indirectly, discussion activities will hone a person's communication skills to be better, especially in the context of public speaking (speaking in public or large crowds). In community life, behaviorist-based discussion methods have a very influential position on the school or educational environment, family and other general environments. Like at SDN 1 Palapa, Bandar Lampung City, improving learning outcomes has become an activity, especially in Class IV, learning Natural Sciences (Science). This research was intended to answer the results of the implementation of behaviorist-based discussion methods in improving the learning outcomes of class IV students at SDN 1 Palapa, Bandar Lampung City in science learning. The approach method used in this research is qualitative. In carrying out the research, researchers used qualitative descriptive data analysis techniques and qualitative data. Collecting questionnaire and interview data. The data taken and collected came from the homeroom teacher and class IV students. Data analysis was carried out through three implementation stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. Checking the validity of the data used includes extending the time of researcher involvement in the research process, increasing persistence, data triangulation and original negative cases. The research results obtained show that the implementation of the behaviorist-based discussion method has proven effective in improving the learning outcomes of class IV students in science subjects at SDN 1 Palapa, Bandar Lampung City, with a significant increase in the number of students who reached the KKM after implementing this method. Through active participation in discussions, students not only listen, but also dare to speak and ask questions, increasing their independence and confidence in learning. They are able to relate course material to real life situations, demonstrating deeper understanding, creating a dynamic and collaborative learning environment. The role of the teacher in implementing this method is very important, as a motivator and demonstrator, the teacher encourages students to v actively participate in learning and provides concrete examples that help students understand the material better. However, factors causing students' difficulties in implementing the discussion method include students' individual attitudes that lack self-confidence, poor study habits, and an unsupportive living environment, all of which hinder students' ability to speak and understand the material well. Keywords: Behavioristic Based Discussion Method, Science Subjects.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:09 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:09 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |