ANGGUN, RACHMAYANTI (2024) PENGARUH SELF SERVICE TECHNOLOGY DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENGGUNA LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Mayarakat Pengguna BSI Mobile Banking Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
PDF
Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Pesatnya perkembangan digital yang ditandai dengan kehadiran sejumlah berbagai alat komunikasi mutakhir, dimana setiap orang dapat mengolah, memproduksi, serta mengirimkan maupun menerima segala bentuk pesan komunikasi, di mana saja dan kapan saja. Beberapa jenis layanan perbankan digital telah digunakan oleh nasabah diantaranya Automatic Teller Machine (ATM), Internet Banking, Mobile Banking dan lainnya dalam sektor perbankan. Keberadaan teknologi dan informasi membuat perbankan menjadi mudah dalam menyimpan, dan mengambil data nasabah sehingga membantunya dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen, mengatasi keluhan konsumen, serta mencocokkan produk yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Self service technology dan Kualitas Layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan digital Bank Syariah Indonesia dalam perspektif islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif,dengan sampel berjumlah 100 responden masyarakat pengguna BSI mobile banking Kota Bandar Lampung dengan menggunakan perhitungan rumus lemeshow. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS (Statistical Products and Services Solutions) versi 25. .Hasil penelitian ini dalam Uji (t) terlihat bahwa variabel self service technology memiliki signifikansi sebesar 0,005.Hal ini berarti bahwa thitung sebesar 2,896 > 1,946 dan taraf signifikansi 0,005 < 0,005 yang berartu bahwa self service technology mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah.Variabel Kualitas layanan memiliki thitung sebesar 3,845 > 1,946 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Kualitas Layanan mempunyai pengaruh yang signifikansi terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil Uji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai Fhitung 24,653. Hal ini menunjukkan bahwa variabel self service technology dan kualiatas layanan berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan BSI mobile banking. Kata Kunci: Digital,mobile banking, kepuasan nasabah. ABSTRACT The rapid development of digital technology is mark by the presence of several sophisticat communication tools, where everyone can process, produce, and send or receive all forms of communication messages, anywhere and anytime, as if without knowing the limitations of space and time, by itself has spurred developments in the mass media sector, which is part of the communication component. Several types of digital banking services have been used by customers including Automatic Teller Machine (ATM), Internet Banking, Mobile Banking, and others in the banking sector. The existence of technology and information makes it easy for banks to store and retrieve customer data, thereby helping them maintain good relationships with consumers, resolve consumer complaints, and match products that suit consumer needs. The purpose of this study is to determine the Self service technology and Service Quality influence on customer satisfaction of digital service users of Bank Syariah Indonesia from an Islamic perspective. The method used in this study uses a quantitative research method, with a sample of 100 respondents from the community of BSI mobile banking users in Bandar Lampung City using the Lemeshow formula calculation. The analysis tool used is SPSS (Statistical Products and Services Solutions) version 25. The results of this study in the (t) Test show that the Self service technology variable has a significance of 0.005. This means that the t count is 2.896> 1.946 and the significance level is 0.005 1.946 and a significance value of 0.000 Keywords: Digital, mobile banking, customer satisfaction.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 04:41 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:58 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |