PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN CAMPANG TIGA LAMPUNG BARAT

RESI, DARINA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN CAMPANG TIGA LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I, II & DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI RESI DARINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengearuh penerapan model pembelajaran time token terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas III SDN Campang Tiga Lampung Barat. Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan berbicara peserta didik kelas III SDN Campang Tiga Lampung Barat dari sebelum dan sesudah mereka mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Time Token. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Campang Tiga Lampung Barat Semester 1 tahun ajaran 2023/2024. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik. Sampel diambil dengan menggunakan sampel random sampling teknik acak kelas dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata didalam populasi itu. Hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 75. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil kemampuan berbicara anatara penggunaan model pembelajaran Time Token dengan model pembelajaran Snowball Throwing. Hal ini terlihat pada rata-rata nilai kemampuan berbicara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran time token lebih tinggi dari pada kemampuan berbicara peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran time token. Demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran time token terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas III SDN Campang Tiga Lampung Barat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Time Token, Kemampuan Berbicara iii ABSTRACT This experiment aims to find out if there is an influence of the application of the token learning model on the speaking ability of class III students of SDN Campang Tiga Lampung Barat The problem in this Campang Tiga West Lampung from before and after they followed the learning with the Time Token learning model. This type of study is quasi-experimental. The population in this study is class III students of SDN Campang Tiga West Lampung, Semester I of the academic year 20213/2024. The sample consists of 2 groups, namley class III A, an experimental class consisting of 20 students and class B as a class the control numbring 20 participants jidik The sample was taken by using a random sampeling technique class and population done randomly without paying attention to the strata in the population. The result of the research is the average value of the experimental class is 78 and the average value of the control class 75. The hypothesized result obtained is asig value of (2 tailed) equed to 0.000< 0,05, then it is concluded that there is a difference in the average result of speaking ability between the use of the time token learning model and the model learning Snowball Throwing Hal no can be seen in the average value of speaking ability of students who use the model time teoken learning is higherthan the speaking ability os students who do not apply the time token learning model.Thus it can be concluded that there is asignificant influence between the use of the time token learning model on the speaking ability of class III students of SDN Campang Tiga West Lampung. Keywords: Time Token Learning Model, Speaking Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:35
Last Modified: 12 Sep 2024 03:35
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35268

Actions (login required)

View Item View Item