PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PINTAR PANTUN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD / MI

Nifa, Nabila Sari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PINTAR PANTUN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD / MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI Nifa Nabila Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran bahasa indonesia pada materi pantun untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan media permainan ular tangga pintar pantun berbasis pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI dan mengetahui respon peserta didik kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi pantun. Peneliti menggunakan metode research and development (RnD) dan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan menggunakan 5 tahapan yang sistematis serta disertai evaluasi pada setiap tahapannya. Penelitian dilakukan di MI Al�Hikmah Bandar Lampung dan SDIT Cinta Illahi Lampung Tengah dengan menggunakan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar, repon peserta didik dan menguji kelayakan media permainan ular tangga dari aspek materi, Bahasa, dan media yang dilakukan oleh validator. Berdasarkan pengumpulan data hasil penilaian uji kelayakan dan uji coba, bahwa media permainan ular tangga pintar pantun berbasis pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI mendapatkan nilai akhir dari ahli materi dengan persentase 90,5% dengan kriketria “Sangat Layak”, ahli media dengan persentase 89,6% dengan kriteria “Sangat Layak”, ahli Bahasa dengan persentase 91,6% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil dari respon peserta didik yang dilakukan uji coba kelompok kecil oleh MI Al-Hikmah Bandar Lampung mendapatkan pesentase sejumlah 72,3% dengan kriteria “Layak”, dan uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh SDIT Cinta Illahi Lampung Tengah mendapatkan pesentase sejumlah 81,3% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dengan hasil jumlah rata-rata yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa produk berupa permainan ular tangga pintar pantun berbasis pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran oleh pendidik dan peserta didik di sekolah. Kata Kunci: ADDIE, Pantun, Pendidikan Karakter, Ular Tangga iv ABSTRACT The background to this research is the importance of learning media, especially in learning Indonesian using pantun material to increase students' interest in learning in learning activities. This research aims to develop, find out the feasibility of the snake and ladder smart pantun game media based on character education in learning Indonesian in elementary/MI and find out the response of class V students to learning Indonesian with pantun material. Researchers use research and development (RnD) methods and use the ADDIE research and development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) using 5 systematic stages and accompanied by evaluation at each stage. The research was conducted at MI Al-Hikmah Bandar Lampung and SDIT Cinta Illahi Central Lampung using small group tests and large group tests, student responses and testing the feasibility of the snakes and ladders game media from the material, language and media aspects carried out by validators. Based on the data collected from the feasibility test and trial assessments, the smart rhyme snake and ladder game media based on character education in Indonesian language learning in elementary school/MI received a final score from material experts with a percentage of 90.5% with the following "Very Eligible", media expert with a percentage of 89.6% with the criteria "Very Eligible", Linguists with a percentage of 91.6% with the criteria "Very Eligible". The results of student responses carried out in small group trials by MI Al-Hikmah Bandar Lampung got a percentage of 72.3% with the "Decent" criteria, and large group trials carried out by SDIT Cinta Illahi Central Lampung got a percentage of 81.3 % with the criteria "Very Eligible". With the average number of results obtained, it can be said that the product in the form of a smart rhyme snake and ladder game based on character education in Indonesian language learning in SD/MI which was developed can be used as a learning medium in the learning process by educators and students at school. Keywords: ADDIE, Character Education, Pantun, Snakes and Ladders

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:34
Last Modified: 11 Sep 2024 04:34
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35248

Actions (login required)

View Item View Item