PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN KUALITAS PELAYANAN ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH DI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG

RATRI, RAHMA DEWI (2024) PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN KUALITAS PELAYANAN ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH DI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2& dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Ratri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Keberadaan organisasi pengelola zakat (OPZ) seperti BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) diharapkan mampu menghimpun dan menyalurkan dana zakat secara maksimal. Namun yang terjadi saat ini adalah potensi pendapatan zakat yang ada tidak sesuai dengan realisasi dana yang diterima. Oleh karena itu diperlukan adanya organisasi pengelola dengan pertanggungjawaban, keterbukaan serta pelayanan yang baik guna meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam membayar zakat, infaq, dan sedekah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi sebanyak 973 masyarakat yang mulai membayar zakat, infaq, dan sedekah di BAZNAS Kota Bandar Lampung. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji analisis data menggunakan metode regresi linier berganda yang pengolahannya dengan menggunakan program SPSS versi 29. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap Tingkat Kepercayaan masyarakat, Transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Kepercayaan masyarakat, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Kepercayaan masyarakat dalam membayar zakat, infaq, dan sedekah. Secara simultan menunjukkan bahwa Akuntabilitas, Transparansi, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Tingkat Kepercayaan masyarakat dalam membayar zakat, infaq, dan sedekah pada BAZNAS Kota Bandar Lampung. Dalam ekonomi Islam, umat muslim harus memiliki akuntabilitas, transparansi, dan kualitas pelayanan yang baik untuk mencapai perubahan positif, kemajuan, dan peningkatan tanggung jawab. Kata Kunci : Akuntabilitas, Transparansi, Kualitas Pelayanan, dan Tingkat Kepercayaan. ABSTRACT The existence of zakat management organizations (OPZ) such as BAZNAS (National Zakat Amil Agency) is expected to be able to collect and distribute zakat funds optimally. However, what is happening now is that the existing potential zakat income does not match the realization of the funds received. Therefore, it is necessary to have a management organization with accountability, openness and good service to increase public confidence in paying zakat, infaq and alms. This type of research is quantitative with a population of 973 people who started paying zakat, infaq and alms at BAZNAS Bandar Lampung City. Meanwhile, the sample in this study amounted to 91 respondents. The sampling method uses purposive sampling technique. The data collection technique for this research uses a questionnaire. The data analysis test used the multiple linear regression method which was processed using the SPSS version 29 program. Based on the research results, it shows that partially accountability has no effect on the level of public trust, transparency has a positive and significant effect on the level of public trust, and service quality has a positive and significant effect on public trust in paying zakat, infaq and alms. Simultaneously shows that Accountability, Transparency and Service Quality influence the level of public trust in paying zakat, infaq and alms to BAZNAS Bandar Lampung City. In an Islamic economy, Muslims must have accountability, transparency and good quality of service to achieve positive change, progress and increased responsibility. Keywords: Accountability, Transparency, Service Quality, and Level of Trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:17
Last Modified: 11 Sep 2024 03:17
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35237

Actions (login required)

View Item View Item