Elza, Devita Chania (2024) PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Masyarakat Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam era digital, aplikasi transportasi online telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari. Maxim adalah salah satu layanan transportasi online yang telah mendapatkan popularitas dikalangan masyarakat, maxim banyak digemari dan dipilih oleh konsumen karena memiliki harga yang relatif murah. Namun, untuk mempertahankan pangsa pasar dan kesetiaan konsumen, maxim perlu memahami faktor-faktor apa saja yang dapat mempertahankan loyalitas konsumen untuk terus menggunakan maxim. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah persepsi harga, kepercayaan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi transportasi online maxim di Kota Bandar Lampung serta pandangan dalam perspektif bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah persepsi harga, kepercayaan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi transportasi online maxim di Kota Bandar Lampung serta pandangan dalam perspektif bisnis Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden yang pernah menggunakan aplikasi transportasi online maxim. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer, data primer didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen maxim. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, variabel kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dan variabel kepuasan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sementara itu dalam perspektif bisnis islam, maxim menggunakan prinsip bisnis islam shiddiq dan amanah. Kata Kunci: Persepsi Harga, Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas Konsumen. ABSTRACT In the digital era, online transportation applications have become a popular choice for many people to meet their daily transportation needs. Maxim is an online transportation service that has gained popularity among the public. Maxim is widely popular and chosen by consumers because it has relatively cheap prices. However, to maintain market share and consumer loyalty, Maxim needs to understand what factors can maintain consumer loyalty to continue using Maxim. The formulation of the problem in this research is whether price perceptions, trust and satisfaction influence consumer loyalty of users of the Maxim online transportation application in Bandar Lampung City as well as views from an Islamic business perspective. This research aims to understand whether price perceptions, trust and satisfaction influence consumer loyalty of users of the Maxim online transportation application in Bandar Lampung City as well as views from an Islamic business perspective. This type of research uses quantitative research. The sample in this study was 97 respondents who had used the Maxim online transportation application. The data collection technique in this research uses primary data. Primary data was obtained through distributing questionnaires to Maxim consumers. The result of this research show that the price perception variable has a positive and significant effect on consumer loyalty, the trust variable has a positive and significant effect on consumer loyalty and the satisfaction variable has a positive and significant effect on consumer loyalty. Meanwhile, from an Islamic business perspective, Maxim uses the Islamic business principles of Shiddid and Amanah. Keywords: Price Perception, Trust, Satisfaction, Consumer Loyalty.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:05 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:05 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |