ELFA, ULVYANA (2024) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DI MA MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Peranan kepala madrasah menjadi supervisor Pendidikan sehendaknya disertai dengan keterampilan manajerial agar makin lengkap. Peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu diantaranya dengan membantu guru merencanakan program supervise akademik, melaksanakan supervise akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan Teknik supervise yang tepat dan menindak lanjuti hasil supervise akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Setiap pemimpin memiliki kerinduan untuk membangun dan mengembangkan mereka yang dipimpinnya sehingga tumbuh banyak pemimpin dalam kelompoknya. Keberhasilan seorang pemimpin sangat tergantung dari kemampuannya untuk membangun orang-orang di sekitarnya, karena menjadi pemimpin melekat pada dirinya sifat melayani, memiliki rasa kasih sayang dan perhatian kepada mereka yang dipimpinnya. Kasih itu mewujudkan dalam bentuk kepedualian akan kebutuhan, kepentingan, Impian, dan harapan dari mereka yang dipimpinnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Karena penelitian ini menggambarkan temuan penelitian secara deskriptif berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari empat indikator hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang peneliti lakukan, bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor di MA Muhammadiyah Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik, kepala madrasah mengkoordinasi program belajar mengajar dan tugas-tugas anggota staf berbagai kegiatan yang berbeda-beda diantara guru-guru. Kepala madrasah juga melakukan pembinaan-pembinaan bersama kelompok, kepala madrasah memberikan pelayanan yang baik kepada guru sebagai tempat berkonsultasi baik secara individu maupun kelompok. Kepala madrasah melengkapi fasilitas-fasilitas di dalam kelas, kepala madrasah juga mengadakan pelatihan-pelatihan dan workshop. Peran kepala madrasah sebagai supervisor yang dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Kepala madrasah dan guru-guru berusaha untuk memperbaiki dan iv meningkatkan diri dalam pembelajaran supaya tujuan yang telah ditetapkan tercapai. Kepala madrasah sebagai supervisor memiliki peran dan tanggung jawab untuk memantau, membina dan memperbaiki proses belajar mengajar di kelas maupun sekolah sebagai pimpinan tertinggi di suatu lembaga sekolah. Peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu menjadi koordinator, konsultan, pemimpin kelompok, serta evaluator. Kata Kunci: Peran, Kepala Madrasah, Supervisor v ABSTRACT The role of the madrasah head as an educational supervisor should ideally be accompanied by managerial skills to be more comprehensive. The head of the madrasah acts as a supervisor by assisting teachers in planning academic supervision programs, conducting academic supervision of teachers using appropriate approaches and techniques, and following up on the results of academic supervision to enhance teachers' professionalism. Every leader has a desire to build and develop those they lead so that many leaders emerge within their group. The success of a leader greatly depends on their ability to develop the people around them, as being a leader inherently involves a service-oriented nature, along with compassion and concern for those they lead. Love manifests itself in the form of concern for the needs, interests, dreams, and hopes of those being led. The type of research used is field research, and the method employed is descriptive qualitative. This is because the research describes the findings descriptively based on interviews, observations, and documentation. From the four indicators derived from interviews, observations, and documentation conducted by the researcher, it is evident that the role of the head of the madrasa as a supervisor at MA Muhammadiyah Bandar Lampung has been well implemented. The head of the madrasa coordinates the teaching and learning programs and the tasks of staff members across various activities among the teachers. The head of the madrasa also conducts group mentoring sessions, providing good support to teachers as a place for consultation, both individually and in groups. The head of the madrasa enhances classroom facilities and organizes training sessions and workshops. The role of the head of the madrasah as a supervisor, where the activity aims to enhance the learning process. The head of the madrasa and the teachers strive to improve and enhance themselves in the learning process so that the established goals are achieved. The head of the madrasa, as a supervisor, has the role and responsibility to monitor, guide, and improve the teaching and learning process in the vi classroom and the school as the highest leader in an educational institution. The role of the head of the madrasa as a supervisor includes being a coordinator, consultant, group leader, and evaluator. Keywords: Role, Madrasah Principal, Supervisor
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 07:57 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 07:57 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35223 |
Actions (login required)
View Item |