PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP IKLIM KERJA GURU MADRASAH DI MTsN 2 PESAWARAN

BAGUS, PRASETYO (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP IKLIM KERJA GURU MADRASAH DI MTsN 2 PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of revisi psc munaq part 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berisi tentang pembahasan mengenai Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah terhadap Iklim Kerja Guru di MTsN 2 Pesawaran. Adapun penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah yang memberikan pengaruh terhadap iklim kerja guru madrasah. Terdapat permasalahan pokok yang teridentifikasi dalam penelitian ini, yaitu: "Apakah terdapat pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap iklim kerja guru di MTs N 2 Pesawaran?". Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap iklim kerja guru di MTsN 2 Pesawaran (Ha) dan Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap iklim kerja guru di MTsN 2 Pesawaran (Ho). Pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto adalah pendekatan yang dipilih didalam penelitian ini. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan diisi oleh sampel yang berjumlah 47 tenaga pendidik. Dalam pembuktian hipotesis pada penelitian ini, teknik korelasi Pearson Product Moment dipilih sebagai uji validitas dan teknik Alpha Cronbach dipilih sebagai teknik pengujian reliabilitas. Analisis menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara variabel independen dan dependen, dengan nilai korelasi mencapai 0,696 dan tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Hasil ini menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara kedua variabel. Di sisi lain, analisis determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,484 yang setara dengan 48,4%. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar variasi dalam variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen, sementara sisanya sebesar 51,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Penafsiran nilai R-Square menegaskan bahwa ketika nilai mendekati 0, tidak ada iv hubungan antara variabel X dan Y, sedangkan mendekati 1, menunjukkan adanya hubungan antara keduanya. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Demokratis, Iklim Kerja Guru v ABSTRACT This study contains a discussion of the Influence of Democratic Leadership Style of Madrasah Principal on Teacher Work Climate at MTsN 2 Pesawaran. This research is motivated by the application of the democratic leadership style of the madrasah principal which has an influence on the work climate of madrasah teachers. There are main problems identified in this study, namely: “Is there an influence of the democratic leadership style of the madrasa principal on the work climate of teachers at MTs N 2 Pesawaran?”. The hypothesis proposed in this study is that the democratic leadership style of the madrasah principal has a significant influence on the work climate of teachers at MTsN 2 Pesawaran (Ha) and the democratic leadership style of the madrasah principal does not have a significant influence on the work climate of teachers at MTsN 2 Pesawaran (Ho). Quantitative approach with ex post facto method is the approach chosen in this research. The data collection tool used is a questionnaire (questionnaire) and filled by a sample of 47 educators. In proving the hypothesis in this study, the Pearson Product Moment correlation technique was chosen as the validity test and the Cronbach Alpha technique was chosen as the reliability testing technique. The analysis showed a significant correlation between the independent and dependent variables, with the correlation value reaching 0.696 and a significance level of less than 0.05. This result indicates a strong correlation between the two variables. On the other hand, the determination analysis yielded a value of 0.484, which is equivalent to 48,4%. This indicates that most of the variation in the dependent variable can be explained by the independent variable, while the remaining 51,6% is influenced by other factors not included in the model. The interpretation of the R�Square value confirms that when the value is close to 0, there is no vi relationship between variables X and Y, while close to 1, indicates a relationship between the two. Keywords: Democratic Leadership Style, Teacher Work Climate

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:03
Last Modified: 10 Sep 2024 04:03
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35206

Actions (login required)

View Item View Item