Triana, Tanzili (2024) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Gen Z Pengguna Aplikasi Dana Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (905kB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin pesat pada era globalisasi mendorong perubahan perilaku di sektor bisnis maupun perilaku konsumsi pada masyarakat. Kemajuan teknologi juga berpengaruh terhadap sistem pembayaran dalam bertransaksi. Dulu pola transaksi masyarakat hanya bisa dilakukan secara tunai, namun sekarang pola transaksi bergeser menjadi pembayaran non tunai. Salah satu penggunaan teknologi internet yang sedang populer adalah e-wallet Dana. Dana adalah platform dompet digital yang menawarkan platform terbuka dan dapat digunakan oleh berbagai aplikasi, toko online maupun konvensional. Dana diklaim sebagai aplikasi keuangan nomor 1 di Indonesia berkat performanya yang dinilai baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan dan keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet Dana serta pandangannya dalam bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penguji statistik. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Sampel yang diambil menggunakan metode purpose sampling sebanyak 96 responden dengan rumus Lemeshow. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kemanfaatan dan keamanan, secara parsial berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan persepsi kemudahan secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan. Pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan dan keamanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan. Dalam perspektif bisnis Islam penggunaan e-wallet Dana sudah sesuai dengan Prinsip-prinsip bisnis islam yang menekankan pada keseimbangan, kejujuran dan kebenaran dalam setiap aspek bisnisnya, yaitu dengan memberikan kemudahan, kemanfaatan dan keamanan bagi setiap manusia. Kata kunci: E-Wallet Dana, Keamanan, Kemanfaatan, Keputusan Penggunaan, Persepsi Kemudahan. ABSTRACT The rapid development of technology in the era of gobalization encourages changes in behavior in the business sector and consumption behavior in society. Technological advances also affect the payment system in transactions. In the past, community transaction patterns could only be done in cash, but now transaction patterns have shifted to No. cash payments. One of the most popular uses of internet technology is the Dana e-wallet. Dana is a digital wallet platform that offers an open platform and can be used by various applications, online and conventional stores. Dana is claimed to bet he number one finansial application in Indonesia thanks to its good performance. This study aims to determine teh effect of perceived ease of use, usefulness and security on decisions to use the Dana e-wallet and its views in Islamic business. This research uses a quantitative approach method. Quantitative research using statistical testing methods. The type of data used in this study is primary data by distributing questionnaires via google form. The sample taken using the purposive sampling method was 96 respondents with the Lemeshow formula. The data analysisi method used is multiple linear reression analysis using the IBM SPSS 26 program. The result of this study indicate that the effect of usefulness and security partially has a positive and significant effect, while the perceived ease of use partially has a negative and insignificant effect on usage decisions. The effect of perceived ease of use, usefulness and security simultaneously effect usage decisions. In the perspective of Islamic business, the use of Dana e-wallets is in accordance with islamic business principles which emphasize balance, honesty and truth in every aspect of its business, namely by providing ease of use, usefulness and security for every human being. Keywords: E-wallet Dana, Perceived ease of use, Security, Usage Decisions and Usefulness.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:55 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:55 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |