PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM BASED PROJECT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DI SMA N 9 BANDAR LAMPUNG

Marcellino, Angelo Hariyanto (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM BASED PROJECT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DI SMA N 9 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (578kB)
[thumbnail of Skripsi Marcellino.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pada abad 21 sekarang ini peserta didik diharuskan mempunyai keterampilan kolaborasi agar dapat bersaing di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Team Based Project pada pokok bahasan keterampilan kolaborasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan mengembangkan kompetensi siswa dalam berkolaborasi di sekolah menggunakan materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Eksperimen. Desain yang digunakan desain Postest Only Control. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi dan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random sampling Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel satu kelas sebagai eksperimen berjumlah 34 dan satu kelas sebagai kelas kontrol Berjumlah 34. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji hipotesis dan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji sample t tes dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang maknanya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Team Based Project terhadap keterampilan peserta didik di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Berdasarkan landasan teori dan didukung dengan analisis data serta mengacu pada rumusan masalah yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa : Ada pengaruh antara Model pembelajaran Team Based Project terhadap keterampilan kolaborasi siswa di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Kata Kunci : Keterampilan Kolaborasi; Team Based Project; Sistem Eksresi Pada Manusia. iv ABSTRAK In the 21st century today, students are required to have collaborative skills in order to compete in the age of globalization. This research aims to find out the implementation of the Team Based Project learning model on the subject of collaborative language skills can improve students' ability to solve problems and develop students' competence in collaborative school using Human Excrete System material. This research method is quantitative research using the experimental Quasy method. The data concentration technique in this study is the Observation and Documentation Sheet. The population in this study is the entire pupil of XI grade IPA. Sampling technique in this research using Cluster Random sampling This research uses 2 classes as a sample of one class as an experiment of 34 and a class as a control class of 34. The data analysis technique used in this study is the hypothesis test and obtained sig value (2-tailed) of 0,000 is less than 0.05, then based on the decision-making in the test sample t test can be understood that H0 was rejected and H1 received which means there is a significant influence in the application of the learning model Team Based Project on the skills of students at State High School 9 Bandar Lampung. Based on the theoretical basis and supported by data analysis and referring to the problem formula that has been outlined, it can be concluded that: There is an influence between the Learning Model Team Based Project on the collaborative skills of students at State High School 9 Bandar Lampung. Keywords: Collaborative Skills; Team Based Project; Human Expression System

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:48
Last Modified: 09 Sep 2024 07:48
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35188

Actions (login required)

View Item View Item