Bintang, Anggraini (2024) PENGARUH TEKNIK MEMBACA SEKILAS (SKIMMING) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA TEKS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN REJOMULYO TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada pemahaman membaca teks peserta didik yang masih rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, karena peserta didik masih kesulitan memahami ide pokok dalam membaca teks. Kondisi pembelajaran dengan peserta didik kurang memahami ide pokok pada suatu bacaan, berpengaruh terhadap pemahaman membaca. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Teknik Membaca Sekilas (Skimming) terhadap pemahaman membaca teks peserta didik kelas IV SDN Rejomulyo Tanjung Bintang Lampung Selatan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Teknik Membaca Sekilas (Skimming) terhadap pemahaman membaca teks peserta didik kelas IV SDN Rejomulyo Tanjung Bintang Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik membaca sekilas (skimming), waktu yang dibutuhkan untuk membaca lebih singkat, mampu mengambil ide-ide pokok dengan baik dan dapat meningkatkan pemahaman membaca teks peserta didik kelas IV dibandingkan teknik membaca regular yang membutuhkan waktu lebih lama dan harus membaca baris demi baris seperti yang biasa dilakukan dalam membaca puisi atau cerpen. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa hasil dari penelitian ini diperoleh nilai Sig 2-tailed = 0,003 < 0,05, sehingga H0 ditolak H1 diterima, dapat disimpulkan terdapat pengaruh Teknik Membaca Sekilas (Skimming) terhadap pemahaman membaca teks peserta didik kelas IV SDN Rejomulyo Tanjung Bintang Lampung Selatan. Kata Kunci: Teknik Membaca Sekilas (Skimming), Pemahaman Membaca iii ABSTRACT This research is motivated by the problem of student’s text reading comprehension which is still low in Indonesian language subject, because students still have difficulty understanding the main ideas in reading tets. Learning conditions where students do not understand the main idea of a reading influence reading comprehension. The formulation of the problem in this research is whether there is an influencenof skimming techniques on the teks reading comprehension of class IV students at SDN Rejomulyo Tanjung Bintang Lampung Selatan?. The aim of this research is to find out wheter there is influence of the Skimming Technique on the text reading comprehension of class IV students at SDN Rejomulyo Tanjung Bintang Lampung Selatan. This research uses a Quas research type: Experiment. The research was conducted using skimming technique, the time needed to read was shorter, able to pick up the main ideas well and could improve reading comprehension of text for class IV students compared to regular reading techniques which took longer and required reading the text. By line as is usually done when reading poetry or short stories. Based on the results of data analysis, it can be said that the results of this research obtained a 2-tailed Sig value of 0,003 < 0,05, so that He was rejected by H, accepted, it can be concluded that there is an influence of the skimming technique on students’ text reading comprehension, class IV SDN Rejomulyo Tanjung Bintang Lampung Selatan. Keywords: Skimming Technique, Reading Comprehension
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 07:12 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:12 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |