DITA, EKA OKTAVIANI (2024) PENGARUH KONTRIBUSI KONFORMITAS PEER GROUP DAN PEMANFAATAN FITUR LIVE STREAMING SEBAGAI MEDIA MARKETING DALAM MELAKUKAN CONSUMER PURCHASING DECISIONS PADA E-COMMERCE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi di era digital yang terus berkembang sehingga menyebabkan migrasi sistem penjualan dan pemasaran dari offline ke sistem online. Dalam berbelanja online individu dipengaruhi oleh konformitas peer group, hal tersebut dikarenakan adanya konformitas peer group dijadikan tempat untuk melakukan perbandingan. Kemudian dalam memasarkan produk secara online Shopee menghadirkan fitur live streaming bagi penjual untuk berjualan dan berinteraksi langsung dengan pembeli. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh konformitas peer group dalam melakukan consumer purchasing decisions pada e-commerce shopee dalam perspektif bisnis Islam?, Bagaimana pengaruh fitur live streaming dalam melakukan consumer purchasing decisions pada e�commerce shopee dalam perspektif bisnis Islam?, Bagaimana pengaruh konformitas peer group dan fitur live streaming dalam melakukan consumer purchasing decisions pada e-commerce shopee? dan Bagaimana konformitas peer group dan fitur live streaming dalam melakukan consumer purchasing decisions pada e-commerce shopee dalam perspektif bisnis Islam?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian pengguna e-commerce shopee. Sampel yang digunakan yaitu sampling purposive, dengan responden sebanyak 100 yang ditentukan dengan menggunakan rumus lemeshow. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konformitas peer group (X1) berpengaruh positif dan signifikan dalam melakukan consumer purchasing decisions (Y) pada e-commerce shopee. Variabel fitur live streaming (X2) berpengaruh positif dan signifikan dalam melakukan consumer purchasing decisions (Y) pada e-commerce shopee. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa konformitas peer group (X1) dan fitur live streaming (X2) berpengaruh positif dan signifikan dalam melakukan consumer purchasing decisions (Y) pada e-commerce shopee. Dalam pandangan Islam ketika melakukan keputusan pembelian hendaknya tidak menerima secara langsung atas berita yang disampaikan oleh seseorang akan tetapi mengeceknya kebenarannya terlebih dahulu begi. Pedagang muslim dalam melaksanakan jual beli online harus sesuai dengan ketentuan Fatwa DSN-MUI ketika melakukan penjualan tidak ada unsur tadlis. Kata Kunci : Konformitas Peer Group, Fitur Live Streaming, Consumer Purchasing Decisions. ABSTRACT This research is motivated by technological advances in the digital era that continue to develop, causing the migration of sales and marketing systems from offline to online systems. In shopping online, individuals are influenced by peer group conformity, this is because peer group conformity is used as a place to make comparisons. Then in promoting products online Shopee presents a live streaming feature for sellers to sell and interact directly with buyers. The formulation of the problem in this study is how the influence of peer group conformity in making consumer purchasing decisions on e-commerce shopee in an Islamic business perspective?, how the influence of live streaming features in making consumer purchasing decisions on e-commerce shopee in an Islamic business perspective?, how the influence of peer group conformity and live streaming features in making consumer purchasing decisions on e-commerce shopee?, and how peer group conformity and live streaming features in making consumer purchasing decisions on e-commerce shopee in an Islamic business perspective?. This research uses quantitative methods. The population in the study was shopee e-commerce users. The sample used was purposive sampling, with 100 respondents determined using the lemeshow formula. The data analysis technique in this study used SPSS 25. The results showed that peer group conformity (X1) had a positive and significant effect on consumer purchasing decisions (Y) in shopee e�commerce. The live streaming feature variable (X2) has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions (Y) in shopee e�commerce. And the results showed that peer group conformity (X1) and live streaming features (X2) had a positive and significant effect on consumer purchasing decisions (Y) in shopee e-commerce. In the view of Islam, when making a purchase decision, you should not directly accept the news conveyed by someone but check the truth first. Muslim traders in carrying out online buying and selling must comply with the provisions of the DSN-MUI Fatwa when making sales there is no element of tadlis. Keywords : Peer Group Conformity, Live Streaming Features, Consumer Purchasing Decisions.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 02:49 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |