PRENAVITA, BELLA SOJA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS KELAS IV SD AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Peserta didik dalam pembelajaran berlangsung sangat efektif apabila diberikan atau diterapkan berbagai macam Model Pembelajaran yang tidak monoton. Diketahui bahwa di SD Al Azhar Bandar Lampung, pendidik sudah menerapkan berbagai Model Pembelajaran, akan tetapi minat belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh yang signifikan pada Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan LKPD untuk meningkatkan Minat Belajar mata pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian True Experimental Design berbentuk Post-Test Only Control Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh kelas IV di SD Al Azhar 1 Bandar Lampung dan sampel yang dipakai pada penelitian yakni kelas IVD sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Model Pembelajaran Probing Prompting berbantuan LKPD dan kelas IVB sebagai kelas kontrol menerapkan Model pembelajaran Project Based learning. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Random Sampling serta teknik pengumpulan data nya berupa Angket. Uji data angket pada penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas, uji prasarat analisis yakni uji normalitas yang hasil datanya berdistribusi Normal dan juga uji homogenitas dengan hasil datanya Homogen. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, bahwa perhitungan uji-T yang berupa uji Independent Sample Test pada angket Post-Test, dihasilkan nilai signifikan (2-tailed) yakni 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha Diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting berbantuan LKPD untuk meningkatkan Minat Belajar kelas IV SD Al Azhar 1 Bandar Lampung. Kata Kunci: Probing Prompting, LKPD, Minat Belajar. iv ABSTRACT Students in learning take place very effectively if given or applied various kinds of Learning Models that are not monotonous. It is known that at SD Al Azhar Bandar Lampung, educators have implemented various Learning Models, but the interest in learning students is still low. This study aims to determine the significant influence on the LKPD-Assisted Probing Prompting Learning Model to increase the Learning Interest in science subjects. This research is a quantitative research using the type of True Experimental Design research in the form of Post-Test Only Control Design. The population in this study was all grade IV at SD Al Azhar 1 Bandar Lampung and the samples used in the study were class IVD as an experimental class by applying the LKPD-assisted Probing Prompting Learning Model and class IVB as a control class applying the Project Based learning model. Sampling technique in this study using Random Sampling and data collection techniques in the form of questionnaires. Test questionnaire data in research in the form of validity and reliability tests, preloaded analysis tests, namely normality tests whose data results are normally distributed and also homogeneity tests with homogeneous data results. Based on data analysis that has been done, that the calculation of the T-test in the form of an Independent Sample Test test on the Post-Test questionnaire, produced a significant value (2-tailed) which is 0.000 < 0.05 which means Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an Influence of the LKPD-assisted Probing Prompting Learning Model to increase the Interest in Learning Grade IV SD Al Azhar 1 Bandar Lampung. Keywords: Probing Prompting, LKPD, interest in learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:34 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:34 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |