Intan, Kesuma Ningrum (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan membaca dalam memahami isi teks bacaan pada kelas IV semester II MIN II Bandar Lampung. Oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan kemampuan membaca dalam membaca isi teks bacaan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada pelajaran Bahasa Indonesia. Maka dari itu apakah dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca pada pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV MIN II Bandar Lampung tahun ajaran 2022-2023. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi membaca setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV MIN II Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tes, dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji t-test, dengan menggunakan SPSS diperoleh untuk skor data kelas eksperimen dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan literasi peserta didik kelas IV di MIN II Bandar Lampung tahun 2022-2023. Kata kunci: Kemampuan Literasi, Model Pembelajaran Think Talk Write. iv ABSTRACT The problem in this research is the low level of reading ability in understanding the content of reading texts in class IV semester II MIN II Bandar Lampung. Therefore, researchers are trying to improve reading skills in reading the contents of reading texts by using the Think Talk Write learning model in Indonesian language lessons. Therefore, using the Think Talk Write learning model can improve reading literacy skills in Indonesian language lessons for class IV MIN II students in Bandar Lampung for the 2022-2023 academic year. The aim of this researcher is to determine the increase in reading literacy skills after using the Think Talk Write learning model in Indonesian language lessons for class IV MIN II students in Bandar Lampung. This research uses a quantitative approach, the type of research is quasi-experimental. Data collection techniques were carried out using tests and interviews. This research aims to determine whether the Think Talk Write learning model can improve students' reading literacy skills. Based on the research results and t-test calculations, using SPSS, the score for the experimental class data was obtained with a value of sig = 0.000 < 0.05 so that H0 was rejected and H1 was accepted. This shows that there is an influence of the Think Talk Write learning model on the literacy skills of class IV students at MIN II Bandar Lampung in 2022-2023. Keywords: Literacy Ability, Think Talk Write Learning Model.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:29 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |