PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SDN 05 GUNUNG AGUNG TULANG BAWANG BARAT

Cindi, Novita Sari (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SDN 05 GUNUNG AGUNG TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI CINDI NOVITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi dengan wali kelas III SDN 5 Gunung Agung Tulang Bawang Barat, menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia masih rendah. Penyebab hal ini adalah kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru sementara peserta didik cenderung kurang aktif, peserta didik bisa diartikan pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata Pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Word Square di SDN 5 Gunung Agung Tulang Bawang Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan desain the one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik probability sampling, yang melibatkan 30 peserta didik sebagai sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Teknik Analisa data deskriptif kualitatif pada instrument non tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil bahwa, model pembelajaran word square berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dan dikategorikan baik sekali. Dapat dilihat aktivitas guru pada Siklus I yaitu mencapai 73,61%, meningkat pada Siklus II mencapai 94,44%. Aktivitas pada Siklus I yaitu 68,05% meningkat pada Siklus II yaitu 88,88%. Hasil belajar peserta didik pada Siklus I hanya 30% yang tuntas kemudian pada Siklus II mengalami pengingkatan menjadi 86% ini menunjukkan bahwa model pembelajaran word square berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN 5 Gunung Agung Tulang Bawang Barat. Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Word Square, dan Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:17
Last Modified: 03 Sep 2024 08:17
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35126

Actions (login required)

View Item View Item