PENGARUH PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG

PUTRI, FEBRIANI (2024) PENGARUH PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 & DAPUS.pdf] PDF
Download (543kB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI FEBRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kendala yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS, hal ini disebabkan pendekatan pembelajaran yang digunakan masih belum cukup untuk memaksimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Computational Thinking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di MIN 4 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Quasi Eksperiment. Desain Quasi Eksperiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Control Group Design yaitu dengan cara menggunakan posttest di kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 4 Bandar Lampung dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. dimana kelas V C sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan pembelajaran computational thinking dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang menerapkan pendekatan pembelajaran Konstruktivisme. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis berupa post-test dan dianalisis menggunakan uji-t, sebelumnya data diuji dengan menggunakan prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Computational Thinking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di MIN 4 Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan analisis data uji-T. Berdasarkan hasil analisis data nilai signifikan (sig) < 0,05 yaitu 0,000 yang artinya < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dalam penelitian ini. Artinya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan computational thinking memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di MIN 4 Bandar Lampung, dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol Kata Kunci: Pendekatan Computational Thinking, Kemampuan Berpikir Kritis, IPAS iv ABSTRACT This research is motivated by several obstacles, namely the low critical thinking abilities of students in science subjects, this is because the learning approach used is still not sufficient to maximize students' critical thinking abilities. The aim of this research is to determine the influence of the Computational Thinking Approach on Students' Critical Thinking Ability in Class V Science Subjects at MIN 4 Bandar Lampung. This research is quantitative research. The type of experimental research used in this research is a Quasi Experimental design. The Quasi Experimental Design used in this research is Posttest Control Group Design, namely by using posttests in the experimental and control groups. This research was carried out at MIN 4 Bandar Lampung using cluster random sampling techniques. Sampling in this study used two class groups, namely the experimental class and the control class. where class V C is an experimental class that applies a computational thinking learning approach and class V B is a control class that applies a constructivist learning approach. The data collection technique for critical thinking skills is in the form of a post-test and analyzed using the t-test. Previously, the data was tested using the normality and homogeneity test prerequisites. The results of this research show that there is an influence of the Computational Thinking Approach on Students' Critical Thinking Abilities in Class V Science Subjects at MIN 4 Bandar Lampung. This is proven by hypothesis testing using T-test data analysis. Based on the results of data analysis, the significant value (sig) is <0.05, namely 0.000, which means <0.05. This shows that Ho is rejected and Ha is accepted in this research. This means that learning using a computational thinking approach has a significant influence on the critical thinking abilities of class V students at MIN 4 Bandar Lampung, where there is a significant difference between the experimental class and the control class. Keywords: Computational Thinking Approach, Critical Thinking Ability, IPAS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:10
Last Modified: 03 Sep 2024 08:10
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35125

Actions (login required)

View Item View Item