PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA MATERI GOTONG ROYONG UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR LAMPUNG

Hijriyati, Dwi Putri (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA MATERI GOTONG ROYONG UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HIJRIYATI DWI PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1) belum tersedianya bahan ajar yang variative dalam proses pembelajaran PPKN, 2) Peserta didik belum sepenuhnya memahami materi gotong royong secara menyeluruh, 3) Masih kurangnya kekritisan peserta didik dalam berfikir secara komprehensif, 4) Peserta didik dalam proses pembelajaran masih cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis kelayakan LKPD berbasis cerita bergambar pada materi gotong royong pada siswa kelas IV SDN 02 Dwi Warga Tunggal Jaya Tulang Bawang, 2) Untuk menganalis kepraktisan LKPD berbasis cerita bergambar pada materi gotong royong pada siswa kelas IV SDN 02 Dwi Warga Tunggal Jaya Tulang Bawang, 3) Untuk menganalisis efektivitas LKPD berbasis cerita bergambar pada materi gotong royong pada siswa kelas IV SDN 02 Dwi Warga Tunggal Jaya Tulang Bawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadopsi pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar angket dan lembar angket profil pelajar pancasila. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan LKPD berbasis cerita bergambar memiliki tingkat validasi yang sangat tinggi dilihat hasil sebagai berikut 1) validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata skor dari dua validator sebesar 4,6 dikategorikan (sangat valid), 2) validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor dari dua validator sebesar 4,6 dikategorikan (sangat valid) dan 3) validasi ahli media memperoleh rata-rata skor dari dua validator sebesar 3,6 dikategorikan (valid). Pada uji kepraktisan diperoleh dari 1) respon pendidik memperoleh rata rata-rata skor sebesar 5,0 dalam kategori (sangat praktis) sementara 2) respon peserta didik memperoleh rata-rata skor sebesar 4,5 dalam kategori (sangat praktis). Selanjutnya keefektifan penggunaan LKPD berbasis cerita bergambar pada materi gotong royong untuk membentuk profil pelajar Pancasila memiliki perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media LKPD tersebut menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan LKPD sehingga bisa dikatakan media LKPD ini efektif untuk digunakan. Hal ini memperlihatkan bahwa LKPD berbasis cerita bergambar pada materi gotong royong dinyatakan efektif. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis cerita bergambar memiliki kelayakan, kepraktisan dan keefektifan yang sangat tinggi dalam pembelajaran PPKn pada materi gotong royong. Kata Kunci: Pengembangan, LKPD Berbasis Cerita Bergambar, Gotong Royong dan Profil Pelajar Pancasila iii ABSTRACT The problems in this research come from the, namely 1) there is no availability of varied teaching materials in the PPKN learning process, 2) Students do not fully understand the mutual cooperation material as a whole, 3) Students still lack criticality in thinking comprehensively, 4) Participants Students in the learning process still tend to be passive. This study aims to 1) To analyze the feasibility of picture story-based LKPD on mutual cooperation material for fourth grade students at SDN 02 Dwi Warga Tunggal Jaya Tulang Bawang, 2) To analyze the practicality of picture story-based LKPD on mutual cooperation material for fourth grade students of SDN 02 Dwi Warga Tunggal Jaya Tulang Bawang, 3) To analyze the effectiveness of the illustrated story-based LKPD on mutual cooperation material for fourth grade students at SDN 02 Dwi Warga Tunggal Jaya Tulang Bawang. This type of research is research and development that adopts the development of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The instruments used were expert validation sheets, questionnaire sheets and Pancasila student profile questionnaire sheets. The results of the research show that the use of illustrated story-based LKPD has a very high level of validation as seen in the following results: 1) validation by language experts obtained an average score from two validators of 4.6 categorized (very valid), 2) validation by material experts obtained an average the score from the two validators was 4.6 categorized (very valid) and 3) media expert validation obtained an average score from the two validators of 3.6 categorized (valid). In the practicality test, it was obtained from 1) teacher responses getting an average score of 5.0 in the (very practical) category while 2) student responses getting an average score of 4.5 in the (very practical) category. Furthermore, the effectiveness of using picture story-based LKPD on mutual cooperation material to form Pancasila student profiles has differences before and after using LKPD media. The results show that there are differences between before and after using LKPD so it can be said that this LKPD media is effective to use. This shows that the LKPD based on illustrated stories on mutual cooperation material is declared effective. Based on this explanation, it can be concluded that the development of picture story-based LKPD has very high feasibility, practicality and effectiveness in PPKn learning on mutual cooperation material. Keywords: Development, Picture Story Based LKPD, Mutual Cooperation and Pancasila Student Profile

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:32
Last Modified: 03 Sep 2024 03:32
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35091

Actions (login required)

View Item View Item