PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG

Anisa, Nur Puspita Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANISA NUR PUSPITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar sebagian peserta didik kelas IV pada mata pelajaran matematika di MIN 1 Bandar Lampung dikarenakan sebagian peserta didik masih kesulitan dalam memecahkan suatu permasalahan atau persoalan. Saat diberikan latihan, peserta didik hanya mampu mengerjakan soal-soal yang mirip dengan contoh soal. Namun jika soal yang diberikan sedikit berbeda dari contoh soal atau lebih bervariasi, maka peserta didik mengalami kesulitan. Guna mengatasi masalah tersebut peserta didik perlu diberikan kebebasan untuk menemukan sendiri konsep atau cara yang dipelajari dengan menerapkan model pembelajaran open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Open Ended dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV pada mata pelajaran matematika di MIN 1 Bandar Lampung. Model pembelajaran open ended memberikan kesempatan atau kebebasan kepada peserta didik untuk berpikir dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara penyelesaian yang lebih dari satu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 101 peserta didik, dengan sampel yang digunakan yaitu kelas IV A dan Kelas IV B. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling yaitu secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Kelas Eksperimen menggunakan model pembelajaran open ended sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran problem solving. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes soal matematika dalam bentuk essay berjumlah 8 soal yang sudah di uji cobakan dan dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Untuk analisis data digunakan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji N Gain, dan uji hipotesis menggunakan uji independent test. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran open ended adalah 77.60 dan nilai rata-rata kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran problem solving yaitu 70.12. Hasil iii uji independent t penelitian ini diperoleh signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat diambil kesimpulan jika H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah pada Mata Pelajaran Matematika di MIN 1 Bandar Lampung. Kata kunci : Open Ended dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:21
Last Modified: 03 Sep 2024 03:21
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35090

Actions (login required)

View Item View Item