PENGARUH ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE, ENVIRONMENTAL ATTITUDE DAN GREEN PERCEIVED VALUE TERHADAP GREEN CONSUMERS BEHAVIOR (Studi Pengguna Totebag Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung)

TEGAR, SUKMA PERMADI (2024) PENGARUH ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE, ENVIRONMENTAL ATTITUDE DAN GREEN PERCEIVED VALUE TERHADAP GREEN CONSUMERS BEHAVIOR (Studi Pengguna Totebag Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUSS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI TEGAR SUKMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan lingkungan menjadi salah satu isu yang mulai dianggap penting mengingat semakin banyak ditemukan fenomena kerusakan alam yang terjadi. Perubahan kondisi alam yang esktrem pada lingkungan menuju situasi yang lebih buruk, membuat banyak orang merasa khawatir akan keberlangsungan hidup anak keturunan mereka dimasa yang akan datang. Hal ini mendorong berubahnya pola pikir orang-orang untuk turut serta dalam usaha pelestarian lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna Totebag pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Slovin, diambil dengan cara nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data diolah menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil Penelitian ini Environmental Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap Green Consumers Behavior, membuktikan bahwa Environmental Knowledge yang baik akan meningkatkan Green Consumers Behavior. Environmental Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap Green Consumers Behavior, bahwa semakin tinggi sikap positif dalam konsumsi pada lingkungan maka akan cenderung mendukung inisiatif perlindungan lingkungan. Green Perceived Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Green Consumers Behavior, bahwa ketika konsumen merasakan perbedaan yang lebih baik untuk lingkungan saat menggunakan produk yang ramah lingkungan, maka perilaku konsumen pun akan meningkat seiring waktu menjadi habbit. Dalam perspektif Etika Bisnis Islam, Perilaku konsumen hijau muncul sebagai konsep yang sejalan dengan Ajaran Al-Qur'an yang memberikan panduan jelas tentang pentingnya menjaga lingkungan, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surah Al-A'raf ayat 56 Allah melarang manusia yang membuat kerusakan di atas muka bumi. Kata Kunci : Environmental Knowledge, Environmental Attitude, Green Perceived Value, Green Consumers Behavior. ABSTRACT Environmental problems are becoming an issue that is starting to be considered important, considering that more and more phenomena of natural destruction are being discovered. Changes in extreme natural conditions in the environment toward a worse situation make many people feel worried about the survival of their children in the future. This encourages changes in people's mindsets to participate in environmental conservation efforts. This research uses a quantitative approach. The data used is primary data obtained by distributing questionnaires online via Google Form. The population used in this research were Totebag users at UIN Raden Intan Lampung. A sample of 100 people using the Slovin formula was taken using non-probability sampling with a purposive sampling technique. Data analysis was processed using SmartPLS version 4. The results of this research are: Environmental knowledge has a positive and significant effect on green consumer behavior, proving that good environmental knowledge will increase green consumer behavior. Environmental attitude has a positive and significant effect on green consumer behavior; the higher the positive attitude towards environmental consumption, the more likely it is to support environmental protection initiatives. Green perceived value has a positive and significant effect on the Green Consumers Behavior construct; that is, when consumers feel a better difference for the environment when using environmentally friendly products, consumer behavior will increase over time and become habitual. In the perspective of Islamic Business Ethics, green consumer behavior appears as a concept that is in line with the teachings of the Al�Qur'an, which provides clear guidance on the importance of protecting the environment. As the word of Allah SWT says in the Al�Qur'an Surah Al-A'raf verse 56, Allah forbids humans who cause destruction on the face of the earth. Keywords : Environmental Knowledge, Environmental Attitude, Green Perceived Value, Green Consumers Behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:54
Last Modified: 02 Sep 2024 02:54
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35051

Actions (login required)

View Item View Item