Arjuni, Betria (2024) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs N 2 BANDAR LAMPUNG Oleh Arjuni Betria Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian jenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 250 orang . Melalui Teknik slovin memperoleh sampel sebanyak 70 orang. Adapun teknik pengumpulan data dengan teknik penyebaran angket (kuesioner), wawancara, dan observasi. Sehingga data yang akan diperoleh adalah data yang bersifat kuantitatif. Data primer diperoleh langsung dari penyebaran angket dan wawancara dari responden di lapangan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan teori dari kepustakaan, dokumentasi latarbelakang dan kegiatan sekolah yang ada di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Bandar Lampung, yang dapat dilihat dalam perhitungan koefisien korelasi dan uji T. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi dapat dikatakan bahwa tingkatan signifikansinya sebesar 33,2%, atau 0,332 dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lainnya. yang artinya terdapat pengaruh yang positif signifikan. Kata Kunci: Kurikulum merdeka,Hasil belajar,Fiqih iii ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN FIQIH SUBJECTS AT MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG By Arjuni Betria This research aims to determine the effect of implementing the independent learning curriculum on student learning outcomes in fiqh subjects at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. This research uses a quantitative approach with a causal research type. The population in this study was class VII students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung for the 2024/2025 academic year, totaling 250 people. Using the Slovin technique, a sample of 70 people was obtained. The data collection techniques include questionnaires, interviews and observation. So the data that will be obtained is quantitative data. Primary data was obtained directly from distributing questionnaires and interviews with respondents in the field. Meanwhile, secondary data was obtained from observations, documentation and theories from the literature, background documentation and school activities at MTs N egeri 2 Bandar Lampung. The results of this research show that there is a positive and significant influence in the implementation of the independent learning curriculum on learning outcomes in fiqh subjects at MTs Negeri 2 Bandar Lampung, which can be seen in the calculation of the correlation coefficient and the T test. From the results of the correlation coefficient calculation it can be said that the level The significance which means there is a significant positive influence. Keywords: Independent curriculum, learning outcomes, Fiqh
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 07:54 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 07:58 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |