PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQRST TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK di KELAS IV MIS MASYARIQUL ANWAR 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

Eti, Yuliani (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQRST TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK di KELAS IV MIS MASYARIQUL ANWAR 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ETI YULIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dikelas IV MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia yang masih tergolong rendah. Hal ini diketahui dari hasil tes awal kemampuan membaca pemahaman yang lakukan oleh peneliti, dimana presentase peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu 23 dan peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 37 peserta didik. Rumusan pada penelitian ini yaitu apakah terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran PQRST Terhadap Membaca Pemahaman Peserta Didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran PQRST Terhadap Membaca Pemahaman Peserta Didik Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas IV MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B di MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik sampel jenuh yang artinya seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 40 soal. Data penelitian dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis uji-t (Independent sampel t-test.) Bedasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji t, dengan menggunakan SPSS nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran PQRST Terhadap Membaca Pemahaman Peserta Didik di Kelas IV Mis Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Kata Kunci : Metode Pembelajaran PQRST, Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia iii ABSTRACT This research was conducted in class IV MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. This research was motivated by the lack of students' reading comprehension skills in Indonesian language learning subjects which were still relatively low. This is known from the results of the initial test of reading comprehension ability carried out by researchers, where the percentage of students who got a score above the KKM was 23 and students who got a score below the KKM was 37 students. The formulation of this research is whether there is an influence of the PQRST learning method on reading comprehension of students in class IV Mis Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. The aim of this research is to determine the effect of the PQRST learning method on reading comprehension of students in class IV Mis Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. This research uses the Quasy Experiment type of research. The population in this study were all students in class IV MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. The samples in this study were students in class IV A and IV B at MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. The sampling technique used was nonprobability sampling with a saturated sampling technique, which means the entire population was used as a sample. The sample in this study was class IV A as the experimental class and IV B as the control class. This research instrument uses a test instrument in the form of multiple choice questions totaling 40 questions. Research data was analyzed using prerequisite tests and hypothesis tests t-test (Independent sample t-test.) Based on the research results and t test calculations, using SPSS the sig value (2-tailed) is 0.000 < 0.05. This shows that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an influence of the PQRST learning method on reading comprehension of students in class IV Mis Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Keywords : PQRST Learning Method, Reading Comprehension, Indonesian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:14
Last Modified: 29 Aug 2024 08:14
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35038

Actions (login required)

View Item View Item