Riska, Putri Faradila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJA RAN ATTENTION RELEVANCE CONVIDENCE AND STATISFACTION (ARCS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK MIS MASYARIQUL ANWAR 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Model pembelajaran Attention Relevance Confidence And Statisfaction (ARCS) merupakan konsep pebelajaran yang menekankan pada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa diberikan kesempatan untuk berani dan memiliki rasa percaya diri dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran . Siswa akan merasakan pentingnya belajar dan akan memperoleh makna yang mendalam terhadap apa yang dipelajarinya. Model pembelajaran Attention Relevance Confidence And Statisfaction (ARCS) ialah suatu gagasan pendidikan yang membantu pendidik dalam memberikan inspirasi kepada siswa, dimana dengan metode demikian pendidik berfungsi sebagai fasilitator dalam membimbing siswa sehingga dapat menanggulangi problematika pendidikan dengan penuh keyakinan dalam kapasitas yang sesungguhnya. Berdasarkan keterangan diatas, pelajaran yang dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan-kemampuan tersebut adalah pembelajaran IPAS. Ilmu Pegetahuan Alam dan Sosial (IPAS) ialah ilmu yang berkonsentrasi pada barang mati dan makhluk hidup di alam sekitar beserta interaksinya. Tidak hanya itu, pembelajaran ini mengkaji pula mengenai eksistensi manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. IPAS ialah ilmu pengetahuan yang telah digabungkan dan terorganisir secara logis dan berurutan dengan mempertimbangkan sebab dan akibat. IPAS diharapkan mampu meningkatkan atensi siswa dalam menafsirkan kesinambungan alam dengan interaksinya . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari “sesuatu” yang dikenakan dalam subjek selidik.Desain pada penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Desain pada penelitian ini kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak dipilih secara random. Dalam desain ini baik kelompok eksperimen dan kontrol dibandingkan, meskipun kelompok tersebut dipilih dan ditempatkan tanpa melalui random. Berikut desain penelitian Nonequivalent Control Group Design Berdasarkan beberapa uji yang telah di lakukan peneliti, ahirnya peneliti mendapatkan sebuah hasil yang menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran Attention Relevance Confidence And Statisfaction (ARCS). hal tersebut bisa kita lihat dari hasil Uji T pada kolom sig. (2-tailed) baris equal variances assumed, pada kolom dan baris tersebut menunjukan bahwa motivasi belajar siswa sebesar 0,000< 0,05 ini menunjukan iii bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran model Attention Relevance Confidence And Statisfaction (ARCS) terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Model Attention Relevance Confidence And Statisfaction (ARCS) dan motivasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:53 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:53 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |