PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS V SD ALAM LAMPUNG

Ria, Santika (2024) PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS V SD ALAM LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIA SANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah upaya yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan yang berkualitas adalah pondasi yang kuat bagi kemajuan suatu bangsa. Dengan perkembangan zaman dan era globalisasi, pendidikan harus terus beradaptasi untuk menjawab tantangan yang ada. Teknologi menjadi salah satu aspek penting yang mempengaruhi cara penyampaian materi pendidikan dan membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Media pembelajaran merupakan salah satu alat yang penting dalam proses pendidikan, membantu guru menyampaikan pesan dan informasi secara lebih efektif dan efisien, serta membuat siswa lebih aktif dan kreatif. Fokus Penelitian Penelitian ini difokuskan pada efektivitas pemanfaatan media belajar dalam menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas V di Sekolah Alam Lampung. Media pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media belajar dalam menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas V di Sekolah Alam Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data deskriptif dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan keadaan subjek atau objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Subjek Penelitian Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Alam Lampung. Kemandirian Belajar Siswa Kemandirian belajar diukur melalui beberapa indikator seperti sikap percaya diri, tanggung jawab, inisiatif, dan disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas V di Sekolah Alam Lampung menunjukkan tingkat kemandirian belajar yang baik. Mereka mampu menyelesaikan tugas�tugas belajar tanpa ketergantungan pada orang lain dan menunjukkan sikap aktif dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan Media Belajar Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Kelas V SD Alam Lampung. Media pembelajaran yang bervariasi dan iii menarik membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Siswa juga lebih mudah memahami materi yang diajarkan dan mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis.Penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran di Sekolah Alam Lampung efektif dalam menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas V. Media pembelajaran membantu siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan mandiri dalam belajar. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan siswa sangat penting dalam proses pendidikan. Kata Kunci : Pemanfaatan Media Belajar, Kemadirian Belajar iv ABSTRACT Education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere that allows students to develop their potential, as stated in Republic of Indonesia Law Number 20 of 2003 concerning the National Education System. Quality education is a strong foundation for the progress of a nation. With the times and the era of globalization, education must continue to adapt to answer existing challenges. Technology is an important aspect that influences the way educational material is delivered and helps students understand the material being taught. Learning media is an important tool in the educational process, helping teachers convey messages and information more effectively and efficiently, as well as making students more active and creative. Research Focus This research is focused on the effectiveness of using learning media in fostering learning independence in class V students at Alam Lampung School. Learning media is expected to help students become more independent in learning, develop critical thinking skills, and increase learning motivation. The aim of this research is to determine the effectiveness of using learning media in fostering learning independence in class V students at Alam Lampung School. This research is field research with a qualitative approach. Descriptive data was collected through interviews, observation and documentation. Descriptive research is used to describe the condition of the subject or research object based on existing facts. Research Subjects The subjects of this research were class V students at the Alam Lampung School. Student Learning Independence Learning independence is measured through several indicators such as self�confidence, responsibility, initiative and discipline. The research results show that the majority of class V students at Alam Lampung School show a good level of learning independence. They are able to complete learning tasks without dependence on other people and show an active attitude in the learning process. Effectiveness of Using Learning Media The use of learning media at Alam Lampung School has proven to be effective in fostering student learning independence. Varied and interesting learning media make students more interested and motivated to learn. Students also understand the material being taught more easily and are able to develop critical thinking skills. This research shows that the use of learning media at Alam Lampung v School is effective in fostering learning independence in class V students. Learning media helps students become more active, creative and independent in learning . Therefore, the use of learning media that is varied and appropriate to student needs is very important in the educational process. Keywords: Utilization of Learning Media, Learning Independence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:48
Last Modified: 29 Aug 2024 06:48
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35023

Actions (login required)

View Item View Item