PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATAMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV (SD NEGERI 29 GEDONG TATAAN

Intan, Permata Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATAMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV (SD NEGERI 29 GEDONG TATAAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI_IINTAN PERMATA SARI_2011100070.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran matematika yang masih terfokus pada satu arah sehingga menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan kurang menarik, serta media pembelajaran yang digunakan masih belum bervariasi sehingga menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematika di SD Negeri 29 Gedong Tataan masih tergolong rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang berbantu media audio visual powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model model pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Powtoon. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan desain Posttest-Only Control Group. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes yang berbentuk essay dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 29 Gedong Tataan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah kelas IV.A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yag digunakan yaitu Uji Normalitas Shapiro-Willk dan Uji Homogenitas Homogenity Of Variances. Pengujian hipotesos dalam penelitian ini menggunakan Uji-t. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig. 0,003 makan H0 ditolak dam H1 diterima. Berdasarkan analisis data hasil post-test kemampuan pemecahan masalah matematika yang dilakukan oleh kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 85,40 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 77,87 karena rata-rata nilai kelas eksperimen > kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh postif model pembelajaran probelm based learning berbantu media audio visual powtoon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 29 Gedong Tataan. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Audio Visual, Powtoon, Kemampuan Pemecahan Masalah. iii ABSTRACT This research is motivated by the mathematics learning process which is still focused on one direction, causing students to feel bored and less interesting, and the learning media used is still not varied, causing the ability to solve mathematical problems at SD Negeri 29 Gedong Tataan is still relatively low. One effort to improve students' mathematical problem solving abilities can be to use the Problem Based Learning learning model which is assisted by the audio visual media Powtoon. This research aims to determine the influence of the Powtoon Audio Visual Media Assisted Problem Based Learning learning model. This type of research uses Quasi Experimental with a Posttest-Only Control Group design. This research uses data collection techniques in the form of tests in the form of essays and documentation. The research population was all students in class IV of SD Negeri 29 Gedong Tataan. The sampling technique uses a saturated sampling technique. The samples used were class IV.A as the experimental class and class IV.B as the control class. The data analysis techniques used are the Shapiro-Willk Normality Test and the Homogeneity of Variances Test. Hypothesis testing in this research uses the t-test. Hypothesis testing using the t-test obtained a Sig value. 0.003 means H0 is rejected and H1 is accepted. Based on data analysis of post-test results on mathematical problem solving abilities carried out by the experimental class, the average score was 85.40 and the control class obtained an average of 77.87 because the average score of the experimental class > control class, it can be concluded that there is The positive influence of the problem-based learning model assisted by Powtoon audio-visual media on the mathematical problem-solving abilities of class IV students at SD Negeri 29 Gedong Tataan. Keywords: Learning Model, Problem Based Learning, Audio Visual, Powtoon, Problem Solving Ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:53
Last Modified: 29 Aug 2024 04:53
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35020

Actions (login required)

View Item View Item