Yasa, Apriyani Utami (2024) HUBUNGAN ANTARA LITERASI NUMERASI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 2 TULUS REJO, LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di SD N 2 Tulus Rejo, Lampung Timur. Penelitian ini mengamati tentang bagaimana literasi numerasi dan kemampuan pemecahan masalah yang peserta didik miliki. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes tertulis berupa soal essay yang berjumlah 10 soal yang mencakup literasi numerasi dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SD N 2 Tulus Rejo, Lampung Timur yang berjumlah 19 peserta didik. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara literasi numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di SD N 2 Tulus Rejo, Lampung Timur dengan sig. 0,000 < 0,05 hal ini diperkuat lagi dengan hasil nilai r hitung (pearson correlation) yaitu 0,753 maka sesuai dengan pedoman kriteria hubungan literasi numerasi (X) dengan kemampuan pemecahan masalah (Y) mempunyai hubungan yang kuat. Persentase hubungan antara literasi numerasi (X) dengan kemampuan pemecahan masalah (Y) sebesar 56,7%. Kata Kunci: Literasi Numerasi, dan Kemampuan Pemecahan Masalah. iii ABSTRACT This study aims to determine the relationship between numeracy literacy and problem-solving skills in mathematics subjects at SD N 2 Tulus Rejo, East Lampung. This study observes how numeracy literacy and problem-solving skills that students have. This study uses a data collection technique with a written test in the form of 10 essay questions that include numeracy literacy and problem-solving skills. This study uses a quantitative method with a correlation approach. This study used saturated samples. The sample used in this study was all students of class V of SD N 2 Tulus Rejo, East Lampung which amounted to 19 students. The hypothesis test in this study uses product moment correlation. The results of this study show that there is a relationship between numeracy literacy and problem-solving ability in mathematics subjects at SD N 2 Tulus Rejo, East Lampung with a sig of 0.000 < 0.05, this is further strengthened by the result of the pearson correlation value of 0.753, so in accordance with the criteria guidelines, the relationship between numeracy literacy (X) and problem-solving ability (Y) has a strong relationship. The percentage of relationship between numeracy literacy (X) and problem-solving ability (Y) was 56,7%. Keywords: Numeracy Literacy, and Problem Solving Ability
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 04:20 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 04:20 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |