Nilam, Ayu Khumairoh (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUL HUDA SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dan mengetahui kendala serta solusi terkait impelementasi model pembelajaran berdiferensi di MI Darul Huda Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian mengamati tentang bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai implementasi model pembelajaran berdiferensiasi di MI Darul Huda Sukabumi Bandar Lampung, sedangkan data sekunder berupa teori-teori, buku, penelitian yang relevan, jurnal, dan data dokumentasi sekolah yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di MI Darul Huda Sukabumi Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berdiferensiasi di MI Darul Huda telah dilaksanakan dan dengan menerapkan langkah-langkah berdiferensiasi, tetapi belum dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Guru di MI Darul Huda meskipun sudah menerapkan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi tetapi ada ada tahapan yang tidak dilakukan guru. Hasil penelitian yang dilakukan guru matematika di MI Darul Huda tidak melakukan pre tes dengan alasan sering kali memiliki waktu terbatas untuk mengajar dan mencakup materi kurikulum yang luas dengan menambahkan pre tes bisa memakan waktu tambahan yang tidak selalu tersedia. Permasalahan yang terjadi yaitu pembagian kelompok tidak merata dan tidak berdasarkan analisis data, sehingga peserta didik kesulitan menyelesaikan tugas yang diberikan. Kata Kunci: Implementasi, Minat Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi. iii ABSTRACT This research aims to determine the implementation of the differentiated learning model and find out the obstacles and solutions related to the implementation of the differentiated learning model at MI Darul Huda Sukabumi Bandar Lampung. The research looked at how the implementation of differentiated learning models increased students' interest in learning. This research uses data collection techniques, namely interview, observation and documentation techniques. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. Primary data was obtained directly from respondents regarding the implementation of the differentiated learning model at MI Darul Huda Sukabumi Bandar Lampung, while secondary data consisted of theories, books, relevant research, journals and school documentation data related to the problems studied. This data is material for describing the implementation of differentiated learning at MI Darul Huda Sukabumi Bandar Lampung. The results of the research show that the implementation of the differentiated learning model at MI Darul Huda has been carried out and by implementing differentiated steps, it has not been able to increase students' interest in learning. Even though the teachers at MI Darul Huda have implemented the steps for implementing differentiated learning, there are stages that the teachers have not carried out. The results of research conducted by mathematics teachers at MI Darul Huda did not carry out pre-tests on the grounds that they often had limited time to teach and covering extensive curriculum material by adding pre-tests could take up additional time that was not always available. The problem that occurs is that the unequal distribution of groups is not based on data analysis, so that students have difficulty completing the tasks given. Keywords: Implementation, Differentiated Learning, Learning Interest.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 04:15 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 04:15 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |