RINA AULIA, PUTRI (2024) IMPLEMENTASI BUDAYA BELAJAR DI SD ISLAM ASSALAM KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Budaya belajar adalah serangkaian kegiatan dalam melaksanakan tugas belajar yang sering dilakukan, dimana setiap individu menjadikan belajar sebagai kebiasaan, serta menjadikan belajar sebagai kegemaran dan kesenangan, sehingga dapat memunculkan motivasi belajar dari dalam diri yang akhirnya dapat meningkatkan produktifitas belajar. Namun dalam realitanya, pembelajaran yang ada saat ini menuntut peserta didik untuk selalu belajar di ruang kelas, menghapal, mengejar target niai, dan bahkan menuntut peserta didik untuk menguasai materi sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan. Kesulitan peserta didik terhadap suatu mata pelajaran dan keterampilan kerap dialami oleh beberapa siswa di SD Islam Assalam Bandar Lampung, sehingga sekolah mengharuskan untuk memiliki budaya pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar dalam menunjang prestasi hasil belajar. Prinsip tersebut berlaku untuk proses belajar dengan hafalan, pengertian, ataupun keterampilan sehingga dalam belajarpun memerlukan kemauan yang kuat. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini akan menganalisis terkait implementasi budaya belajar di SD Islam Assalam Bandar Lampung, dengan tujuan untuk dapat mengetahui sejauh mana budaya belajar yang dilaksanakan di SD Islam Assalam Bandar Lampung dalam menunjang peningkatan pembelajaran. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah: (1) Implementasi Budaya Belajar Di SD Islam Assalam Bandar Lampung, (2) Hasil Budaya Belajar Yang Telah Diterapkan Di SD Islam Assalam Kota Bandar Lampung. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Hasil penelitian ini ialah: Budaya belajar di SD Islam Assalam Bandar Lampung diimplementasikan melalui manajemen, iv penyesuaian dan komunikasi dengan mengintegritaskan nilai-nilai keislaman dan juga perpaduan antara kurikulum nasional, kurikulum khas Assalam, kurikulum bahasa dan kurikulum teknologi. Implementasi budaya belajar yang diterapkan di SD Islam Assalam Kota Bandar Lampung tersebut memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peserta didik. Dimana peserta didik memiliki prestasi yang beragam, baik di bidang akademik maupun non akademik. Prestasi yang dimiliki peserta didik dalam bidang non akademik ialah sebanyak 66 prestasi baik dari segi keterampilan, kemampuan, olahraga, atletik, maupun kesenian, yang mereka diperoleh sejak tahun 2018 hingga tahun 2024. Sedangkan prestasi peserta didik pada bidang akademik ialah penguasaan peserta didik terhadap tiap-tiap mata pelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Budaya, Belajar. v ABSTRACT Learning culture is a series of activities in carrying out learning tasks that are often carried out, where each individual makes learning a habit, and makes learning a hobby and pleasure, so that it can generate learning motivation from within which can ultimately increase learning productivity. However, in reality, current learning requires students to always study in the classroom, memorize, pursue grade targets, and even requires students to master the material according to the allotted time allocated. Some students at Assalam Islamic Elementary School Bandar Lampung often experience difficulties with certain subjects and skills, so schools require a learning culture to increase interest in learning to support learning outcomes. This principle applies to the learning process by rote memorization, understanding, or skills so that learning requires a strong will. Based on this description, this research will analyze the implementation of learning culture at the Assalam Islamic Elementary School in Bandar Lampung, with the aim of finding out the extent to which the learning culture implemented at the Assalam Islamic Elementary School in Bandar Lampung supports the improvement of learning. The problem formulation for this research is: (1) Implementation of Learning Culture at Assalam Islamic Elementary School, Bandar Lampung, (2) Results of Learning Culture that has been Implemented at Assalam Islamic Elementary School, Bandar Lampung City. The research is qualitative research with descriptive research type, the subjects in this research are the school principal, homeroom teacher and students. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation. In analyzing the data the author uses data reduction, data presentation and drawing conclusions. Validity of data using source triangulation. The results of this research are: The learning culture at the Assalam Islamic Elementary School in Bandar Lampung is implemented through management, adjustment and communication by integrating Islamic values and also a combination of the national curriculum, the typical Assalam curriculum, the language vi curriculum and the technology curriculum. The implementation of the learning culture at Assalam Islamic Elementary School, Bandar Lampung City, has had a significant impact on students. Where students have diverse achievements, both in academic and non�academic fields. The achievements of students in the non-academic field are 66 achievements in terms of skills, abilities, sports, athletics and arts, which they obtained from 2018 to 2024. Meanwhile, students' achievements in the academic field are students' mastery of each -each subject. Keywords: Implementation, Culture, Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 04:03 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 04:03 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34990 |
Actions (login required)
View Item |