PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PICTURE GUESSING GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK DI KELAS IV SD

PUTRI, ZAKIA (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PICTURE GUESSING GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK DI KELAS IV SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I, II & DAPUS.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI ZAKIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang ditemukan oleh peneliti dikedua sekolahan, yaitu belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan dan bahan ajar yang ada belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas produk modul pembelajaran PJOK berbasis picture guessing game, untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap produk modul pembelajaran PJOK berbasis picture guessing game dan untuk mengetahui efektivitas produk modul pembelajaran PJOK berbasis picture guessing game untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Reseach and Development dengan menggunakan model Robert Maribe Branch yang terdiri atas lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket yang diberikan kepada tim validator, pendidik dan peserta didik untuk mengetahui kelayakan produk. Setelah produk diuji cobakan dan dinyatakan layak selanjutnya produk dilakukan pengukuran pada aktivitas produk dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan test berbasis picture guessing game. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa nilai kelayakan produk ahli media sebesar 76%, ahli materi 91% dan ahli bahasa 93%. Angket respon kedua pendidik memporoleh nilai rata-rata 96%, dan angket respon peserta didik skala kecil 95,6% dan angket respon skala besar 96%. Hasil post test peserta didik skala kecil memporoleh nilai rata-rata KKTP 90 dan hasil post peserta didik skala besar memporoleh nilai rata-rata KKTP 89. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Picture Guessing Game, Hasil Belajar PJOK iv ABSTRACT This research and development was carried out based on the problems found by researchers at both schools, namely the unavailability of teaching materials in accordance with the curriculum used and existing teaching materials have not fully met the needs of students. This research and development aims to determine the validity of PJOK learning module products based on picture guessing games, to determine the response of educators and students to PJOK learning module products based on picture guessing games and to determine the effectiveness of PJOK learning module products based on picture guessing games to improve student learning outcomes. This research uses the research and development method or Reseach and Development using the Robert Maribe Branch model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The data collection instrument in this research and development uses a questionnaire given to a team of validators, educators and students to determine the feasibility of the product. After the product is tested and declared feasible, then the product is measured on product activity in improving learning outcomes by using a picture guessing game-based test. The results of research and development show that the product feasibility value of media experts is 76%, material experts 91% and linguists 93%. The response questionnaire of the two educators obtained an average score of 96%, and the small-scale learner response questionnaire was 95.6% and the large-scale response questionnaire was 96%. The results of the small-scale learner post test obtained an average KKTP score of 90 and the results of the large-scale learner post obtained an average KKTP score of 89. Keywords: Learning Module, Picture Guessing Game, PJOK Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:32
Last Modified: 26 Aug 2024 07:32
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34961

Actions (login required)

View Item View Item