Novianti, Wahyuningsih (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MTs N 2 WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Manajemen Peserta Didik adalah pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan siswa, dari masuk sampai keluarnya siswa tersebut dari suatu sekolah. Manajemen kesiswaan tidak hanya berhubungan dengan datasiswa, melainkan adanya aspek lain yang dapat membantu mengembangkan keterampilan siswa. Tujuan dari manajemen kesiswaan adalah untuk mengatur berbagai kegiatan yang berhubungan dengan siswa agar dapat berjalan lancar,tertib, dan teratur serta mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kesiswaan di MTs N 2 Way kanan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diantaranya adalah wakil kepala madrasah bagian kesiswaan, staf tata usaha, guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi manajemen kesiswaan di MTs N 2 Waykanan sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari indicator manajemen kesiswaan, yaitu: analisis kebutuhan peserta didik, rekruitmen peserta didik, seleksi peserta didik, orentasi, pengelompokan peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik, pencatatan dan pelaporan, dan kelulusan dan alumni. Kata kunci : Manajemen Peserta Didik iv ABSTRACT Student management is the regulation of related activities with students, from entering to leaving the student from a school. Student management is not only related to student data, but also its existenceother aspects that can help develop students' skills. The purpose of Student management is to organize various related activities with students so that they can run smoothly, orderly and regularly and achieve goals education. This research uses a qualitative approach, to find out how to implement student management at MTs N 2 Way kanan. Data collection was carried out using interviews, observation and documentation. This research uses a descriptive field model qualitative. Sources of research data include the deputy head of the madrasah section students, administrative staff, teachers. The research results show that the implementation of student management in MTs N 2 Waykanan has been implemented well. This is seen from student management indicators, namely: analysis of student needs, recruitment students, student selection, orientation, grouping of students, coaching and developing students, recording and reporting, and graduation and alumni. Keywords: student management
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:45 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:45 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34939 |
Actions (login required)
View Item |